MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI GEOMETRIC GAME DI TK ANANDA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan di TK Ananda Kecamatan Semampir Surabaya
karena permasalahan terkait kemampuan mengenal bentuk geometri anak masih
rendah dan perlu meningkatkan, baik metode pembelajaran dari guru dan media
yang digunakan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi
efektivitas kegiatan mengenal bentuk geometri melalui geometric game dalam
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, serta kemampuan anak dalam
meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus 1 ke
siklus 2. aktivitas guru mencapai 52%, aktivitas anak mencapai 55%, dan
kemampuan mengenal bentuk geometri menggunakan media pembelajaran
geometric game mencapai 53%. Hasil ini mencerminkan tantangan yang dihadapi
dalam proses kemampuan mengenal bentuk geometri. Pada siklus 2 hasil
observasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan aktivitas guru
mencapai 70%, aktivitas anak mencapai 71%, dan kemampuan mengenal bentuk
geometri menggunakan media pembelajaran geometric game mencapai 79%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6
tahun di TK Ananda Surabaya dapat ditingkatkan melalui geometric game
menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan
menyenangkan sangat penting dalam kemampuan mengenal bentuk geometri
kepada anak-anak. Melalui evaluasi berkelanjutan dan penyesuaian strategi
pengajaran berdasarkan teori-teori pendidikan yang relevan, diharapkan
perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak-anak usia 5-6
tahun di TK Ananda dapat terus meningkat
Kata kunci: bentuk geometri, geometric game, anak usia dini
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 33
,
PDF Downloads: 0