PENERAPAN BERMAIN BOTOL AROMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN JENIS BUAH BERDASARKAN AROMA PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BUANA SURABAYA

  • ANIK ZULAICHAH

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran,bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, makakomponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itusetiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau media yang menarik dalam pelaksanaanpembelajaran.Penelitian ini berdasarkan permasalahan: bahwa hasil studi awal pengembangan kemampuanmengelompokkan benda belum tercapai secara optimal. Praktek pembelajaran yang lebih memaksa padapenguasaan sesuatu dengan cara menghafal. Dalam penelitian ini dapat di rumuskan masalah sebagai berikut :Bagaimanakah penerapan kegiatan pembelajaran bermain botol aroma sebagai upaya meningkatkan kemampuanmengelompokkan jenis buah berdasarkan aromanya?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Inginmengetahui mengenai proses pembelajaran bermain botol aroma dalam rangka meningkatkan kemampuanmengelompokkan jenis buah sesuai dengan aromanya pada anak kelompok A TK Tunas Buana Suarabaya. Disamping itu tujuan lain dari penelitian ini adalah menambah alternatif media pengajaran kognitif yang sesuaidengan situasi dan kondisi Taman Kanak-Kanak.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaranterdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalahanak kelompok A. Data yang diperoleh berupa hasil lembar observasi dan kegiatan belajar mengajar. Dari hasilanalis didapatkan bahwa prestasi belajar anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I(63%) siklus II (87%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan bermain botol aroma untuk dapatmeningkatkan kemampuan mengelompokkan jenis buah berdasarkan aroma pada anak kelompok A TK TunasBuana Surabaya, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ditaman kanak-kanak.

Kata Kunci : bermain botol aroma, kemampuan mengelompokkan jenis buah berdasarkan aroma

Abstract

The success of teaching and learning process in classroom was determined by learning strategy, eventhough the components are complete and well, without implementing through appropriate strategy, so that itscomponents will not posses meaning in process of achieving goals. Because of that, each teacher has to teach byimplementing strategy or interesting media in learning process.This research was based on problems that : study results first development was classifying things thatunreach optimally. Forcely, learning practice was in mastering thing. This research had problems formula suchas : How to implement learning process of playing scent bottle to increase ability in classifying types of fruitbased on its smelt? The purpose of this research was eager to know about learning process of playing scentbottle in improving ability classifying types of fruit by its smelt through children in group A at TK Tunas BuanaSurabaya. Besides, another purpose of this research was adding alternative of coqnitive learning media whichappropriate with situation and condition of Kindergarten.This research was classroom action research as many as two cycles. Each cycle consists of four stepssuch as : planning, action, observation, and reflection. The target of this research was children of group A. Thedata were obtained as observation sheets result and learning study activities. From analysis, it was obtainedthat children learning process achivement undergoing improved from cycle I till cycle II such as, cycle I (63%)and cycle II (87%). The conclusion of this research was implementation of playing scent bottles can increasethe ability in classifying types of fruit based on its smelt in group A TK Tunas Buana Surabaya, thus thislearning model has able to be used as learning alternative method in kindergarten.

Keywords: playing scent bottle, ability to classify types of fruit based on its smelt

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 623