Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Finger Painting Pada Anak Usia 3-4 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kemampuan anak dalam mengenal warna sebelum dan setelah menggunakan teknik finger painting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 12 orang. Lokasi penelitian dilaksanakan di PPT Kuncup Mekar Surabaya. Data penelitian diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal warna sebelum pelaksanaan siklus diperoleh 45,7%. Sedangkan hasil siklus I diperoleh persentase sebesar 65,1%. Dan setelah dilakukan refleksi dari hasil siklus I, maka dirasa perlu untuk dilanjutkan ke siklus II. Setelah siklus II dapat dilihat kemampuan anak dalam mengenal warna mengalami peningkatan yang signifikan yaitu persentasenya sebesar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik finger painting dapat membantu secara efektif meningkatkan kemampuan mengenal warna untuk anak usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar Semampir Surabaya.
Downloads

