Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Finger Painting Pada Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • Maria Goreti Atik Wulandari Atik Wulan UNESA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan kemampuan anak  dalam mengenal warna sebelum dan setelah menggunakan teknik finger painting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun  berjumlah 12 orang. Lokasi penelitian dilaksanakan di PPT Kuncup Mekar Surabaya. Data penelitian diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif  kuantitatif. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal warna sebelum pelaksanaan siklus diperoleh 45,7%. Sedangkan hasil siklus I diperoleh persentase sebesar 65,1%. Dan setelah dilakukan refleksi dari hasil siklus I, maka dirasa perlu untuk dilanjutkan ke siklus II. Setelah siklus II dapat dilihat kemampuan anak dalam mengenal warna mengalami peningkatan yang signifikan yaitu persentasenya sebesar 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik finger painting dapat membantu secara efektif meningkatkan kemampuan  mengenal warna untuk anak usia 3-4 tahun di PPT Kuncup Mekar Semampir Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 7 , PDF Downloads: 1