MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MINIATUR GOLD FISH DI PPT MAWAR SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia 3–4 tahun melalui media miniatur goldfish di PPT Mawar Surabaya. Penelitian ini melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 10 anak kelompok bermain di PPT Mawar Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase ketercapaian indikator perkembangan anak. Pada siklus I, hasil menunjukkan bahwa sebanyak 67% anak mampu mengenal huruf vokal dengan baik. Namun, masih ditemukan anak yang kesulitan membedakan bunyi huruf dan kurang antusias dalam kegiatan. Refleksi dilakukan dengan menambahkan unsur visual yang lebih menarik dan pengulangan materi melalui lagu. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan signifikan, yaitu 83% anak telah mencapai indikator kemampuan mengenal huruf vokal. Hal ini menunjukkan bahwa media miniatur goldfish efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak, sekaligus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini.
Downloads

