PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ALFABET MELALUI KEGIATAN BERMAIN KLASIFIKASI GEOMETRI USIA 3–4 TAHUN DI PPT MENTARI SURABAYA
Abstract
Kemampuan mengenal alfabet merupakan aspek penting dalam perkembangan literasi awal anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet pada anak usia 3–4 tahun melalui kegiatan bermain klasifikasi bentuk geometri di PPT Mentari Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenali alfabet setelah mengikuti kegiatan klasifikasi geometri yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan kognitif mereka. Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan visual dan logika anak, tetapi juga meningkatkan minat belajar terhadap huruf-huruf alfabet.
Downloads
Abstract views: 37
,
PDF Downloads: 25