POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI JOMBANG, JAWA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua tunggal terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini di Jombang, Jawa Timur. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal komparatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara terhadap 250 responden orang tua tunggal. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara aspek komunikasi, perhatian, dan dukungan emosional dalam pola asuh dengan kecerdasan emosional anak. Model regresi mencatat nilai R Square sebesar 0,732, yang menunjukkan bahwa 73,2% variabel kecerdasan emosional dapat dijelaskan oleh variabel-variabel pola asuh tersebut. Anak yang menerima komunikasi terbuka, perhatian penuh, dan dukungan emosional yang konsisten menunjukkan kemampuan mengenali, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara lebih baik. Hasil ini menegaskan pentingnya pemberdayaan orang tua tunggal dalam praktik pola asuh yang positif guna mendukung perkembangan emosional anak di masa emas pertumbuhannya.
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0