PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA 4 - 5 TAHUN YANG MENGALAMI SPEECH DELAY DI TK AL WAHYU SURABAYA
Abstract
Perkembangan bahasa merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak, namun banyak anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) yang jumlahnya terus meningkat. Penelitian ini dilakukan di TK Al Wahyu Surabaya dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bagi anak yang mengalami speech delay. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 2 dari 7 anak dengan speech delay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan tiga metode utama, yaitu pembiasaan melalui lagu, doa, dan tepuk di awal, istirahat, dan akhir pembelajaran; bercerita baik dengan anak menceritakan pengalaman maupun guru menggunakan buku cerita; serta tanya jawab dengan respon, di mana guru langsung mengoreksi pelafalan anak. Penerapan ketiga metode ini mampu memberikan stimulasi positif sehingga anak mulai mampu melafalkan doa dan kata-kata sehari-hari dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Downloads
Abstract views: 4
,
PDF Downloads: 4