MENINGKATKAN NILAI-NILAI MORAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN KAIN FLANEL PADA KELOMPOK B TK KARYA BHAKTI WATES MOJOKERTO

  • Sri Rahayu
  • Zainul Aminin

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti bahwa anak di TK Karya Bhakti yang berjumlah 10anak laki-laki dan 10 anak perempuan masih kurang dalam pemahaman nilai moral agama. Kurangnyapemahaman nilai moral pada anak di sebabkan karena masih banyaknya guru yang kurang sabar dan guru yangmasih minim dalam pemahaman agama. Hal ini terlihat dari banyak anak yang suka berbohong dan tidak jujurserta banyak anak yang tidak mau memberi maaf dan meminta maaf pada temannya. Penanaman nilai-nilaimoral agama sangatlah penting sebagai dasar pondasi pendidikan di TK. Seorang guru harus mampumenanamkan nilai-nilai moral agama melalui beragam metode.Salah satu metode yang dapat digunakan adalahmelalui metode bercerita dengan menggunakan kain flannel.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki danmeningkatkan nilai-nilai moral anak melalui metode bercerita melalui kain flannel.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang.Disetiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek padapenelitian ini adalah anak kelompok B di TK Karya Bhakti Mojokerto.Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik, deskriptif kuantitatif.Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus Iaktifitas guru diperoleh nilai sebanyak 70%,sedangkanaktifitas anak diperoleh nilai sebanyak 65%, dan kemampuan nilai-nilai moral anak di peroleh 55%.Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil, Oleh karena target keberhasilan yangditentukan adalah 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II.Pada siklus II aktifitas guru diperoleh nilaisebanyak 90%, sedangkan aktifitas anak diperoleh nilai sebanyak 85%, dan kemampuan nilai-nilai moral anakdi peroleh nilai sebesar 85%. Berdasarkan analisis data pada siklus II nilai yang diharapkan telah tercapai danpenelitian ini dinyatakan berhasil, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode berceritadengan kain flannel dapat meningkatkan nilai-nilai moral anak kelompok B di TK Karya Bhakti Mojokertodinyatakan berhasil.

Kata Kunci : Nilai- Nilai Moral, bercerita kain flannel

ABSTRACT

Based on observations by researchers that children in kindergarten Karya Bhakti representing 10 boysand 10 girls are still lacking in understanding religious moral values . Lack of understanding of moral values inchildren is caused because there are many teachers who lack patience and teachers still lack the understanding ofreligion . This is evident from the many children who lie and are dishonest , and many children who do not wantto forgive and apologize to her . Planting moral values as the basis of religion is very important in kindergarteneducational foundation . A teacher must be able to instill moral values of religion through a variety of methods .One method that can be used is through the method of telling stories using flannel . The purpose of this researchis to improve and enhance the child's moral values through storytelling through flannel.This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists offour stages , namely , planning , implementation , action , observation , and reflection . Subjects in this studywere children in group B in kindergarten Karya Bhakti Mojokerto . Data collection techniques used observation, while data analysis using statistical , quantitative descriptive.Based on the analysis of data obtained in the first cycle activities obtained value teachers as much as 70% , whereas the values obtained child activities as much as 65 % , and the ability of children moral valuesobtained 55 % . This suggests the study of this class action is not successful , therefore the success of thespecified targets is 75 % , then this research continues on the second cycle . In the second cycle activitiesobtained value teachers as much as 90 % , whereas the values obtained child activities as much as 85 % , and theability of children moral values obtained value by 85 % . Based on the analysis of the data on the expected valueof the second cycle has been reached and the study declared successful , this research can be concluded thatthrough storytelling with a flannel cloth can increase the moral values of children in group B in kindergartenKarya Bhakti Mojokerto declared successful

Keywords : Moral Values , tell flannel

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 69