PENINGKATAN KEMAMPUAN NILAI-NILAI MORAL MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI KELOMPOK B2 TK AISYIYAH III KOTA MOJOKERTO

  • Deni Rosita Dewi
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penanaman moral atau akhlaq sangat penting untuk anak usia dini, salah satu manfaat dari pendidikan moral adalah mengajarkan anak untuk bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kemampuan anak kelompok B TK Aisyiyah III Kota Mojokerto dalam memahami nilai-nilai moral masih rendah. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga kurang terjalin komunikasi ineraktif antara guru dan anak. Metode bercakap-cakap adalah metode komunikasi lisan antara guru dan anak melalui kegiatan dialog. Melalui metode ini, anak lebih aktif dan memungkinkan anak-anak untuk balik bertanya jika ada sesuatu yang tidak jelas. Pemanfaatan media gambar dalam bercakap-cakap akan mampu memperjelas materi yang disajikan. Terkait dengan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan nilai-nilai moral melalui metode bercakap-cakap dengan menggunakan media gambar bagi kelompok B2 Tk Aisyiyah III Kota Mojokerto.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelompok B2 TK Aisyiyah III yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi dan tehnik analisis data menggunakan staistik deskriptif.Dari hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I jumlah anak yang berhasil adalah 13 anak atau 56,52%, dari hasil tersebut menunjukkan belum mencapai skor ideal yaitu 75%-100%. Hasil dari siklus II jumlah anak yang berhasil adalah 20 anak atau 86,96%, hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan prosentase keberhasilan dari siklus I ke siklus II., bukti adanya peningkatan tersebut adalah jumlah anak yang berhasil meningkat dari 13 anak pada siklus I meningkat menjadi 20 anak pada siklus II. Dari analisis dan pembahasan hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercakap-cakap dengan menggunakan media gambar mampu meningkatkan kemampuan nilai-nilai moral pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah III Kota Mojokerto

Kata Kunci: nilai moral, metode bercakap-cakap

Abstract

Cultivation of morals or akhlaq is essential to early childhood, one of the benefits of moral education is taught to teach children to be able to tell which is right and which is wrong. The ability of Group B TK Aisyiyah III Mojokerto in understanding the Moral values were still low. This is caused in the process of learning that tend to use methods lectures, so that less interwoven communication between teachers and child ineraktif. The method is a method of verbal conversation between teachers and children through dialogue. With this method, children are more active and allow the children to return to ask if something is not clear. Utilization of media images in the chat will be able to clarify the material presented. Related to this, the purpose of this research is to know the capacity of moral values through the method of conversing with using media images for the Group B2 Tk Aisyiyah III MojokertoThe research was designed using design research action research action model uses classes from the Taggart Kemmis and spiral-shaped from one cycle to the next cycle. Each cycle includes planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is the Group B2 TK Aisyiyah III that add up to 23 children. Engineering data collection done by observation and documentation and data analysis techniques using descriptive staistik.From the results of research conducted in cycle I, the number of children who work are 56,52% or 13, from those results shows have yet to achieve the ideal score is 75%-100%. Results from cycle II the number of children who work are 20 children or 86,96%, the results indicate there is an increasing percentage of success from cycle I to cycle II, evidence of an increase in the number of children successfully increased from 13 children on cycles I increased to 20 children in cycle II. From the analysis and discussion of the results of the study showed that the application of the method of conversing with using media images can increase the ability of moral values on the child group B2 TK Aisyiyah III Mojokerto.Keywords : moral values, conversing method

Published
2014-06-01
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 48