PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART SPONGE NUMBER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERMATA HATI BUDURAN SIDOARJO

  • Evi Rahma Dhina
  • Erny Roesminingsih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number yang diharapkan dapat menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flipchart Sponge Number berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Permata Hati Buduran Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi yang berjumlah 30 anak. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan rating scale yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows 16 yang menyatakan jika, rhitung lebih besar dari rtabel ( rhitung > rhitung) maka terdapat hubungan yang signifikan antara 2 variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS for Windows 16, diperoleh hasil korelasi sebesar 0,741 dan dikonsultasikan dengan rtabel Product Moment. Berdasarkan rtabel dengan jumlah sampel 30 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai 0,361. Nilai rhitung > rtabel yaitu 0,741 > 0,361 maka koefisien korelasi yang diperoleh signifikan. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan.

Kata kunci : flipchart sponge number, konsep bilangan, Taman Kanak-Kanak.

Abstract

This research is based on implementation of Flipchart Sponge Number Study medium that is hoped to stimulate the ability in recognizing concept of number 1-10 of the first grade students of Kindergarten School. The purpose of this research is to identify the influence of implementation of Flipchart Sponge Number Study medium to the ability in recognizing concept of number 1-10 of the first grade students of Permata Hati Kindergarten School Buduran Sidoarjo. This research was quantitative-correlational type. Population and samples were all populations consisted of 30 children. Implementation of Flipchart Sponge Number Study medium and ability in recognizing concept of number can be measured by using questionnaire and rating scale method that has been tested its validity and reliability. Data analysis used Product Moment Pearson correlation by using SPSS for Windows 16 program that the formula of rcount more than rtable (rcount >rtable) therefore significance correlation between two variable. Based on the result of data analysis using Product Moment Pearson Pearson with SPSS for Windows 16 program has produced correlation result 0,741 and consulted with rtable Product Moment. Based on rtable sample size of 30 and significance level 5% showed value of 0,361. Value of rcount > rtable namely 0,741 > 0,361; therefore correlation coefficient was significant. And there is significance correlation between implementation of Flipchart Sponge Number Study medium to the ability in recognizing concept of number 1-10.

Key words : flipchart sponge number, number concept, kindergarten.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 111