KURIKULUM SOJASOKU DI STRAWBERRY PRESCHOOL AND DAYCARE JALAN SEMERU UTAMA NO. 6B SUMBERSARI JEMBER

  • Dian Fitriana Rahmawati
  • Sri Widayati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang memberikan inovasi pendidikan berupa kurikulum. Salah satunya Strawberry preschool and daycare yang memiliki kurikulum yang berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya yaitu kurikulum sojasoku. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang kurikulum sojasoku yang ada di Strawberry preschool and daycare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu kurikulum sojasoku dengan responden kepala sekolah, pendidik, dan anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, kurikulum sojasoku memiliki tujuan untuk membentuk anak yang memiliki wawasan global, berbudaya lokal, berkarakter, dan berakhlak mulia. Materi diberikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan metode sojasoku sebagai metode pembelajaran andalan. Demikian juga lingkungan belajar dibuat fleksibel mengikuti materi dan menarik bagi anak dengan memanfaat lingkungan belajar outdoor sebagai tempat belajar. Evaluasi dan penilaian dilakukan secara berkala setiap hari.

Kata Kunci: Kurikulum Sojasoku, Strawberry Preschool and Daycare.

Abstract

This research is based on the many educational institutions that give education innovation education like curriculum. One of them, Strawberry preschool and daycare has a different curriculum with other educational institutions, namely curriculum sojasoku. This research aims to give a description of the curriculum sojasoku at Strawberry preschool and daycare. This research used a method case study. Research subjects is curriculum sojasoku with respondents are principals, teachers, and children aged 4-6 years. The data collectiong techniques are observation, interviews, quesioner, and documentation. The data is analyzed by using Miles and Huberman that consists of a data reduction, data display, and conclusion drawing. From the research, curriculum sojasoku has a goal to form a child who has insight global, local cultural, good character, and noble character. The content given in Indonesia and English language with sojasoku method as a method of learning the mainstay. Likewise, learning environment made flexible following content and appeals to children with the benefit from the outdoor learning environment as a place to learn. Evaluation and assessment is carried out at regular intervals each day.

Keywords: The Curriculum Sojasoku, Strawberry Preschool and Daycare.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 180