PENGARUH PENERAPAN GERAKAN TARI DENGAN IRAMA MUSIK TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA

  • Kharina Arum Melati
  • Husni Abdullah

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ketrampilan motorik kasar anak di TK Negeri Pembina belum optimal, khususnya dalam kegiatan menari. Anak kelompok B masih mengalami kesulitan dalam mengkoordinasikan gerakan tari dengan irama musik yang didengar. Hal ini dikarenakan guru jarang memberikan pembelajaran ketrampilan motorik kasar melalui kegiatan menari, dan ketika pembelajaran tari anak dilatih tanpa menggunakan irama musik. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian untuk mengetahui hasil penerapan gerakan tari dengan irama musik terhadap peningkatan ketrampilan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 anak dari kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 12 anak dari kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi, treatment dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik dengan t-test independent (Uji-t), dimana jika thitung ≥ ttabel, maka penelitian ini disignifikasi ada pengaruh antara dua variabel.  Berdasarkan hasil analisis data tentang ketrampilan motorik kasar anak kelompok eksperimen, pada hasil pre test dan post test dengan kegiatan pembelajaran penerapan gerakan tari dengan irama musik diperoleh nilai rata-rata pre test 6 dan post test 14. Hasil perhitungan Uji t, diperoleh nilai thitung≥ttabel atau 4,2 ≥ 2,819, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan gerakan tari dengan irama musik terhadap ketrampilan motorik kasar. Hal ini terbuktii bahwa penerapan gerakan tari dengan irama musik berpengaruh terhadap peningkatan ketrampilan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina.

Kata kunci : ketrampilan motorik kasar, tari dengan irama musik

Abstract

Based on observations, gross motor skills of children at TK Negeri Pembina is not optimal, especially in dance activities. Children in group B still had difficulty in coordinating movement of dance to the rhythm of music that was heard. This is because the teacher rarely provide learning gross motor skills through activities of dancing, and when the dance lessons children were trained without using music. This is the background research to find out the results of the application of the dance movements to the rhythm of the music to the increase in gross motor skills children in group B at TK Negeri Pembina. This research uses Quasi Eksperimental research in the form of Nonequivalen Control Group Design. Subject of this research are 12 children from B1 group as the experimental group and 12 children from B2 group as the control group.The sampling technique in this research used observation,treatment and documentation. The analysis technique in this research is parametric statistical analysis by using t-test independent, in which if tcount ≥ ttable, this research can signification have suggested in two variable. Based on the analysis of data on children's gross motor skills of the experimental group, the results of pre-test and post-test with the application of the learning activities of dance movements to the rhythm of the music obtained an average value of 6 pre-test and post-test 14. Results of t-test calculation, the value tcount ≥ ttable or 4.2 ≥ 2.819, then Ho is rejected and Ha accepted. Thereby, it can be concluded that there is a significant relationship between the application of dance movements to the rhythm of the music on gross motor skills. It is experienced that the application of dance movements to the rhythm of music affect the increase in gross motor skills in preschool children in group B at TK Negeri Pembina.

Keyword : gross motor skills, dance to the rhythm of music

Published
2014-06-01
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 1069