PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AN NASHIRIYAH BUDURAN SIDOARJO

  • Desi Ratnaningsih
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran berhitung permulaan pada anak kelompok B di RA An Nashiriyah Buduran Sidoarjo yang tidak menarik dan berpusat pada guru sehingga kemampuan berhitung permulaan tidak berkembang dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pembelajaran bervariasi salah satunya pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia kartu domino modifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia kartu domino modifikasi terhadap kemampuan berhitung permulaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre- Eksperimental Designs dan menggunakan One- Group Pretest- Posttest Designs. Subjek yang diteliti berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic non-parametris uji jenjang bertanda Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung< Ttabel, jika Thitung < Ttabel maka H0 ditolak Ha diterima sehingga penelitian ini signifikan adanya pengaruh antara 2 variabel. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh Thitung =0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%= 52, sehingga (0<52). Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia kartu domino modifikasi terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B RA An Nashiriyah kecamatan Buduran Sidoarjo diterima.

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Berhitung permulaan

Abstract

This research was formed background by counting ability i.e. for group B children in RA An Nashiriyah Buduran Sidoarjo which itsn’t exite and centered on the teacher. Therefore, to develop beginning counting ability to the children required doing by using the exact learning i.e. using cooperative type STAD with domino card modification media. The purpose of this research was to prove whether there was influence of cooperative learning type STAD with domino card modification media toward beginning counting ability.  This research used quantitative method with pre-experimental design and used one group pretest-posttest design. This research used 20 children as the subject. The data collection method used participative observation with scoring instrument in form of observation sheet. The analysis data in this research used statistic non parametric test with sign range Wilcoxon Mathed Pairs Test with the formula of t counted < t table , if t counted < t table then Ho was refused Ha was accepted then this research significantly influence between two variables. The counting result with range test obtained t counted = 0 smaller than t table with the significant level of 5% = 52, then (0<52). Therefore alternate hypothesis (Ha) was accepted and null hypothesis (Ho) was refused. The research hypothesis “there is the influence of cooperative learning type STAD with domino card modification media toward beginning counting ability to group B in RA An Nshiriyah Buduran district sidoarjo” was accepted.

Keywords: Cooperative learning type STAD, beginning counting

Published
2014-06-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 30