PENGARUH METODE CERITA BERMEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU 38

  • Luluk Indah Laily
  • Sri Joeda Andajani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo yang masih perlu ditingkatkan dalam berkomunikasi. Hal ini masih terlihat banyak anak kurang berani, terutama dalam menjawab pertanyaan guru. Oleh karena itu, mengembangkan kemampuan berbicara anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat, salah satunya dengan menggunakan metode cerita bermedia gambar seri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode cerita bermedia gambar seri terhadap kemampuan berbicara anak dan mengetahui adanya pengaruh metode cerita bermedia gambar seri di TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design menggunakan One-Group Pre-test Post-test design. Penelitian ini menggunakan subyek yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipasif dengan alat penelitian berupa lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik non-parametris uji jenjang bertanda wilcoxon match Pair test dengan rumus Thitung<Ttabel, jika Thitung<Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga penelitian ini signifikan adanya pengaruh 2 variabel.

Berdasarkan hasil analisis data uji wilcoxon match pair test menunjukkan bahwa Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% = 0,25, sehingga (0<0,25). Berasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berarti hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh metode cerita bermedia gambar seri terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo diterima.

Kata Kunci : Berbicara, Metode cerita

Abstract

This research was formed background by learning to develop speech ability to group B children of TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo which still required to be enhanced in communicating. It’s seen from there are many children in B group that didn’t brave enough, especially in answering the teacher’s question. So the development of speaking ability should done exactly. One of it is using series picture media telling method of TK Muskimat NU 38 Waru Sidoarjo.

This research used quantitative approach with pre-experimental design using One-Group Pre-test Post-test design. The subjects were 15 children. This research technique used participant observation with research tool is observation sheet. Data analyze in this research use non parametric statistic with data analysis Wilcoxon match pair test with formula Tcount<Ttable so ho is rejected Ha is accepted so this research is significant there are an effect between 2 variables.

Based on the results of research and data analysis wilcoxon match pair test showed that of T= 0 is so was smaller than Ttable with significant level 5% = 0,25 so that (0<0,25). Therefore hypothesis (Ho) was refused. It meant the hypothesis research which said there was influence of story whit a series picture media toward speech ability to group B children in TK Muslimat NU 38 Waru Sidoarjo was accepted.

Keywords : Speech, story method

Published
2014-06-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 162