PENGARUH PERMAINAN SOLODUR TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI

  • Erfatil Hasanah
  • Dewi Kolmalasari

Abstract

Perkembangan emosi anak sangat dipengaruhi oleh ketepatan teknik dan substansi kegiatan pembelajaran yang diberikan.Pembelajaran yang tidak sesuai dengan minat dan keinginan anak berpengaruh buruk terhadap emosinya. Sementara itu, emosi anak di TK Pertiwi Ganding Sumenep Madura masih kurang baik, karena teknik pembelajaran yang kurang  tepat dan menjenuhkan. Di TK ini dikembangkan model pembelajaran yang kurang mendukung suasana yang dapat menumbuhkembangkan emosi anak.Hal ini tentu sangat berpengaruh negatif terhadap perkembangan emosi anak yang sejatinya perlu selalu dikembangkan melalui berbagai stimulasi pembelajaran yang tepat.Untuk itu diperlukan model pembelajaran baru yang inovatif dan mampu meningkatkan emosi anak.

Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian Pre Ekperimental Design bertipe One Group Pre Test Post Test Design.Instrument pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sementara analisis data yang dipilih dalam penelitian ini adalah sign test.

Dari proses analisis menggunakan sign test diperoleh p tabel = 0,5. Dengan demikian permainan solodur berpengaruh siknifikan terhadap perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun. Permainan solodur mampu memicu perkembangan emosi ini karena ia bersifat rekreatif, lokal sentris, dan cooperative learning oriented.

Kata kunci: Permainan solodur, perkembangan emosi

Abstract

Emotional development of children is strongly influenced by the accuracy of the technique and the substance of the learning activities provided. Learning that is not in accordance with the interest and whises of children adversely affect the emotions. Meanwhile, children’s emotion in Pertiwi kindergarten Ganding Sumenep Madura is still bad, because learning techniques are lack of proper and saturate. In this kindergarten, learning model that is less support to atmosphere which can’timprove children's emotionsis developed. It is certainly a very negative effect on the emotional development of children which actually must be developed through a variety of appropriate learning simulations. It required a new learning model that is innovative and can improve children's emotions.

This study used a Pre-Experimental Research Design with type One Group Pre Test Post Test Design. Data collection instrument used is the observation and documentation. While, the analysis ofdata collected in this study that is selected by researcher is sign test.

From the analysis process using the sign test were obtained p table = 0.5. Thus solodur game has significant impact on the emotional development of children aged 5-6 years. Solodur game able to trigger the development of this emotion because it is recreational, local - centric, and cooperative learning oriented.

Keyword: Solodurgame, Emotional Development
Published
2014-06-01
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 15