PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING POLA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ISLAM QOSHRUL UBUDIYAH

  • Anggra Debi Praminta
  • Elisabeth Christiana

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Islam Qoshrul Ubudiyah Surabaya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak kelompok B dalam hal menggunting. Rata-rata 50% hasil guntingan anak kurang rapi dan keluar garis. Hal ini terlihat dari 17 anak 10 diantaranya kemampuan menggunting masih diluar/didalam garis. Guru tidak mencontohkan tahapan menggunting dengan benar sehingga anak mengalami kesulitan dalam menggunting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan menggunting pola terhadap kemampuan motorik halus anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One-Group Pretest – Post-test Design. Subyek penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Islam Qoshrul Ubudiyah Surabaya dengan jumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon dimana jika t hitung < t tabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum treatment adalah 14,82, sedangkan hasil penilaian rata-rata setelah treatment adalah 21,41. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan t hitung adalah 0 dan t tabel adalah 35 dengan taraf signifikansi 5%. Dimana t hitung < t tabel yaitu 0<35, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan menggunting pola terhadap kemampuan motorik halus anak.

Kata kunci : menggunting pola, kemampuan motorik halus

Abstract

This research is conducted at B group of Islamic Qoshrul Ubudiyah Surabaya it is based on the fact that the children’s fine motor skilsl in cutting is still low. Average 50% result cutout children less neat and out of line. This can be seen from 17 children 10 of them are still cutting ability outside and inside the line. Teachers are not cut correctly pointed out stages so that children have difficulty in cutting. The purpose of this study was to determine the effect of cutting out the pattern of activity of the fine motor skills of early childhood kindergarten group in Islam Qoshrul ubudiyah Surabaya .The research uses quantitative research approachby usings pre experimental and pretest-posttest one group design. The subjects of this study were all kindergarten children in group B Islamic Qoshrul Ubudiyah Surabaya. The subjects are 17 children. The data collecting technic used observation and documentation. Analysis of the data used non-parametric statistic was level test the Wilcoxon,therefore t count < t table it can be conclude that the result of this research has an effect between two variables.Based on the average result of the study before treatment was 14,82 while the median assessment is 21,41. Wilcoxon test result showed marked levels of t count 0 and t table 35 with a significance level of 5%. Where t count < t table so H0 rejected and Ha accepted. It is concluded that there is a significant effect of cutting pattern for B group fine motor skill.

Keywords : cutting pattern, fine motor skills.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 351
PDF Downloads: 1519