PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA DAN UKURAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK R. A KARTINI

  • Desi Prihatini
  • Elisabeth Christiana

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK R. A Kartini Meluke Sidomulyo Deket Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak mengenal warna dan ukuran. Keterbatasan media yang digunakan pada konsep warna dan ukuran belum mampu menciptakan pemahaman anak secara benar tentang konsep warna dan ukuran. Pembelajaran warna dan ukuran hanya menggunakan krayon. Data observasi 8 dari 18 anak memang sudah paham dalam mengenal warna dan ukuran. Sehingga peneliti menggunakan media balok cuisenaire dalam mengenalkan warna dan ukuran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan media balok cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dan ukuran pada anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dan jenis penelitian one-group pre test-post test design. Subyek penelitian kelompok A yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan rumus uji jenjang Wilcoxon, dimana jika T hitung < T tabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabelBerdasarkan hasil penelitian mengenal warna pre test 15,3 dan ukuran pre test 5,2. Sedangkan mengenal warna rata-rata hasil post test 18,5 dan ukuran post test 6,6. Hasil uji jenjang bertanda wilcoxon menunjukkan thitung adalah 0 dan ttabel adalah 40 dengan taraf signifikan 5% . Dimana thitung<ttabel yaitu 0<40. Maka pengambilan keputusan Ha diterima dan Ho. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media balok cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dan ukuran pada anak kelompok A TK R. A Kartini Meluke Sidomulyo Deket Lamongan.

Kata kunci: media, balok cuisenaire, kemampuan kognitif, warna, ukuran.

Abstract

This research is conducted at A group of R. A Kartini kindergarten Meluke Sidomulyo Deket Lamongan. It is based on the fact that the children’s skill in recognizing colors and shape is still low. The limited learning media can not create correct students understanding about the concept of color and shape just using crayon. 8 to 18 students understanding about the concept of color and shape. Objectives to be achieved in this study is to prove whether the media use cuisenaire beam can improve cognitive competence of recognizing colors and shap.This research uses quantitative research approach to the design of pre experiment research design an the type of research one-group pre test-post test design. group of research subjects who were 18 children’s methods of data colletion using observation and documentation. Statistical analysis of the data using the non parametric wilcoxcon test formula level.Based on the result of recognizing colors with average pre test results 15,3 and the shape pre test results 5,2.while knowing the color of an average post test results 18,5 and the shape of post test results 6, 6. The result of test level Wilcoxon shows tcalculate is 0 and ttabel is 40 in significan 5% . Where as , tcalculate< ttabel = 0<40, the conclusion is Ha is accepted and Ho is rejected. Conclusions can in crease the the media use cuisenaire beam can improve cognitive competence of recognizing colors and shape for group A kindergarten R. A Kartini Meluke Sidomulyo Deket Lamongan

Keywords: media, beam cuisenaire, cognitive competence , color, shape

Published
2014-06-01
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 1348