MENINGKATKAN SIKAP KEDISIPLINAN MELALUI PERMAINAN CUBLEK- CUBLEK SUWENG PADA ANAK KELOMPOK A2 TK. AISYIYAH III KOTA MOJOKERTO

  • Desi Kartika Fatmawati
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Disiplin merupakan kegiatan dan pembiasaan yang bertujuan positif bagi anak pada masa sekarang dan yang akan datang. Melalui disiplin, anak belajar hidup dengan kebiasaan- kebiasaan yang baik, positif dan bermanfaat baginya dan lingkungannya. Disiplin tidak begitu saja terbentuk, akan tetapi merupakan suatu kondisi yang tercipta yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan atau ketertiban.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap kedisiplinan mengikuti aturan yang di tetapkan dalam permainan cublek- cublek suweng pada anak kelompok A2 TK. Aisyiyah III Kota Mojokerto Tahun 2013- 2013.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK. Aisyiyah III yang berjumlah 17 anak, terdiri atas 8 anak perempuan dan 9 anak laki- laki. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.Dari hasil analisis data peningkatan kedisiplinan melalui permainan cublek- cublek suweng pada siklus I diperoleh data 52,94%. Hal ini penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang di tentukan ≥ 76%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data mengenai peningkatan kedisiplinan melalui permainan cublek- cublek suweng mencapai 88,24%. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa melalui permainan cublek-cublek suweng dapat meningkatkan sikap kedisiplinan anak kelompok A2 TK. Aisyiyah III Kota Mojokerto.

Kata Kunci: Permainan cublek- cublek suweng, sikap kedisiplinan.

Abstract

Discipline is an activity and habituation having positive goals for a child nowadays and in future. With discipline, the child learns a good habit, positive and useful life for himself and his environment. Discipline is not created by accident, but it is a created and formed condition by process of behavior series indicating obedience, devotion, adherence, regularity and orderliness.The aim of research is to know the discipline attitude of complying with defined rules in the cublek-cublek suweng game on Group A2 pupils of Aisyiyah III Kindergarten Mojokerto in 2013-2014 period.This research uses a class action research designed in a form of recurring cycles. Each cycle comprises 4 phases such as planning, performance, action, observation and reflection. The study subjects are 17 children of Group A2 Aisyiyah III Kindergarten consisting of 8 female and 9 male. Data collection method is observation and documentation. Data analysis used is descriptive statistic.The result of data analysis denotes that discipline improvement through the cublek-cublek suweng game reaches 52.94% in the 1st cycle. Such class action research is not claimed successful, out of specified target ≥ 76% so this study will be continued in the 2nd cycle. The discipline improvement in the 2nd cycle gets increased to be 88.24%. Based on the data analysis conducted in the 2nd cycle, expected target can be reached and claimed successful. In other words, it is concluded that the cublek-cublek suweng game can improve children’s discipline attitudes in Group A2 Aisyiyah III Kindergarten Mojokerto.

Keywords : cublek-cublek suweng game, discipline attitude

Published
2014-06-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 51