PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 DI KELOMPOK A TK ISLAM INSAN AL-FIRDAUS

  • Puspita Inggrida
  • Elizabeth Christiana

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus berdasarkan hasil pengamatan di lapangan masih rendah dan perlu diperhatikan. Hal ini terbukti dari 20 anak terdapat 12 anak dalam hal membilang 1-10 dengan menunjuk benda, menunjuk 2 kumpulan benda yang berjumlah lebih banyak dan sedikit, dan menghubungkan banyak benda dari 1-10 dengan bilangan yang melambangkannya dikarenakan guru masih kurang bervariasi dalam menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan yaitu media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dari penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental design dalam bentuk one-group pre test-posttest design. Subyek pada penelitian ini kelompok A berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) dengan rumus t hitung< t tabel , maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabel.Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 52 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung< t tabel (0<52) dan Ho ditolak karena t hitung> t tabel (0>52). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh secara signifikan tehadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Islam Insan Al-Firdaus.

Kata kunci: media flashcard, kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10.

Abstract

Based on the children’s skill in recognizing the number concept of 1-10 at A group of Islam Insan Al-Firdaus kindergarten is still low. Their ability in counting 1-10 by pointing the things, pointing out larger group, and relating the number of the things and the number symbol need to be improved. One of the interesting media is needed in recognizing the number of 1-10 is flashcard. This research aims to get the data from the use of flashcard for the A group children’s skill in recognizing the number of 1-10 at Islam Insan Al-Firdaus kindergarten.This research uses quantitative research approach by using pre-experimental research design and one group pre test posttest design. The data analysis used in non parametric statistic by using Wilcoxon Match Pairs Test and the formula used is t count < t table. There are 20 children become the research subjects.The Wilcoxon match pairs gets t count = 0 which is smaller than t table = 52. The decision is : Ha is accepted because t count < t table (0<52) and Ho is rejected because t count > t table (0>52). The conclusion of the research show that the flashcard affects significantly the A group children’s skill in recognizing the number concept of 1-10 at Islam Insan Al-Firdaus kindergarten.

Keywords: flashcards, cognitive skill in recognizing the number concept of 1-10.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 964