PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SAHRE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU 182 AL-ARIEF KLAMPOK BENJENG GRESIK

  • Narti Rita Dianah
  • Satiningsih Satiningsih

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 182 Al-Arief Klampok Benjeng Gresik dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Penyebabnya yakni kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B di TK Muslimat NU 182 Al-Arief Klampok Benjeng Gresik.Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pairs Test, dengan rumus Thitung<Ttabel. Penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabel jika T hitung<T tabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal bentuk geometri pada saat observasi awal (pre-test) dan observasi setelah perlakuan (post-test) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 9,9 dan rata-rata hasil post-test 13,2. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh T hitung=0 lebih kecil dari T tabel=30 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena T hitung < T tabel (0<30) dan Ho ditolak karena T hitung > T tabel (0>30). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B di TK Muslimat NU 182 Al-Arief Klampok Benjeng Gresik.

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, kemampuan mengenal bentuk geometri

Abstract

The study which was in children at TK Muslimat NU 182 Al - Arief Klampok Benjeng Gresik was motivated by the low capacity of ability to recognize geometric shapes in children . The purpose of this study is to determine whether or not the effect of the application of cooperative learning model think- pair -share the ability to recognize geometric shapes children in group B TK Mslimat NU 182 Al - Arief Klampok Benjeng Gresik .This study used a pre - experimental research design type design with one group pre - test and post-test design . The research subjects are 16 children . Data collection method using observations with assessment tools such as observation sheets . Statistical analysis of the data using the non - parametric Wilcoxon matched pairs test .Based on the analysis of data on ability to recognize shapes of geometry at the time of initial observation ( pre-test ) and the observation after treatment ( post-test ) using cooperative learning model think- pair -share average values obtained pre-test results as many 9.9 and the average of post-test results as many as 13.2 .The calculation results obtained with test levels tcount = 0 is smaller than t table = 30 and the results of decision -making that is: Ha accepted because T count < T table ( 0 < 30 ) and Ho is rejected because T count > T table ( 0 > 30 ) . The conclusion of the study showed that the application of cooperative learning model think- pair -share significantly affect the child's ability to recognize geometric shapes in TK Muslimat NU 182 Al - Arief Klampok Benjeng Gresik .

Keywords: learning model cooperative think-pair-share, the ability to recognize the geometrical shapes

Published
2014-06-01
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 103