PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK DHARMA WANITA PERSATUAN NGAMPEL, BALONGPANGGANG, GRESIK

  • IKA RINI HARI JAYANTI

Abstract

Membaca merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan suatu pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Menurut Doman waktu terbaik untuk belajar membaca kira-kira bersamaan waktunyadengan anak belajar bicara, dan masa peka belajar anak terjadi pada rentang usia 3 hingga 5 tahun. Dalampenelitian ini menerapkan metode pemberian tugas untuk membaca permulaan yakni dengan memberitugas pengenalan huruf dan suku kata pada anak. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh manapengaruh metode pemberian tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anakTaman Kanak-kanak (TK).Karakteristik subyek alam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita PersatuanNgampel, Balongpanggang, Gresik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desaineksperimen Posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 20 orang yang dibagi ke dalamkelompok eksperimen dan kontrol menggunakan teknik matching. Perlakuan yang diberikan kepadakelompok eksperimen berupa metode pemberian tugas untuk belajar dan mengenal huruf-huruf : hurufhidup dan huruf mati (26 huruf) dan membaca 3 suku kata selama 10 kali pertemuan, 3 kali seminggu.Hasil pengujian hipotesis dengan teknik nonparametrik Mann-Whitney U Test menghasilkan nilai Exact.Sig. sebesar 0 yang kurang dari taraf nyata ( α = 0,05). Maka dinyatakan bahwa ada pengaruh yangsignifikan dari metode pemberian tugas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan padaanak Taman Kanak-kanak. Oleh karena itu, para praktisi pendidikan anak usia dini sebaiknyamengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip PAUD, memberikan stimulasi membaca yangmemperhatikan faktor-faktor perkembangan anak dan dikemas secara menyenangkan.

Kata Kunci : Metode pemberian tugas, membaca permulaan.

Abstract

Reading is an appropriate media to promote a life long learning. According to Doman, the best period forlearning to read is approximately similar with the period for learning to speak, and the children’s sensitiveperiod is about 3 until 5 years old. This research applied assignment method to read by givingintroduction assignment of letter and syllables. The purpose of this research was to know how far theeffect of assignment toward the improvement of kindergarten children’s reading skill is.The subject of this research were the A group children of Dharma Wanita Persatuan Ngampelkindergarten, Balongpanggang, Gresik. This research used semi experimental method by using post testcontrol group design. The subjects of this research were 20 children. They were divided into experimentalgroup and control group by using matching technique. The treatment which was given to the experimentalgroup was in the form of assignment method and recognizing the letters : consonant and vocal (26) andreading 3 syllables in 10 meetings, three times a week.The result of the hypothetical analysis by using non parametric technique Mann-Whitney U Test showsthe Exact. Sig. score is 0 which is less than real (α = 0.05). It can be concluded that there is a significanteffect of giving assignment method to improve children’s reading skill at kindergarten. That is why, it isbetter if the young learners educational practitioners are teaching their students by using an appropriatemethod based on the young learners educational principles, giving reading stimulation which pays moreattention to the children development factors which is designed well.

Keywords : assignment method, early reading.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 33