PENGARUH DOODLING ART TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK KELOMPOK B DI TK Al-AMIEN

  • Dwi Anggraeny Nur Anavia
  • Rohita Rohita

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menggambar anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil karya gambar anak yang belum menyerupai bentuk aslinya. Adapun solusi dari masalah tersebut ialah melalui pengenalan teknik menggambar dasar doodling art atau menggambar dengan teknik mencoret sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah doodling art dapat meningkatkan kemampuan menggambar anak kelompok B di TK Al-Amien Surabaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Designs dengan Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian berjumlah 52 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Independent sample T-Tes dengan rumus signifikansi 𝜌𝜌<0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa doodling art berpengaruh pada kemampuan menggambar anak kelompok B.Berdasarkan hasil penelitian dengan rumus Independent Sample T-Tes, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 𝜌𝜌 =0,00 menyatakan bahwa 𝜌𝜌<0,005 Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa doodling art berpengaruh pada kemampuan menggambar anak kelompok B di TK Al-Amien Surabaya.

Kata Kunci: doodling art, kemampuan menggambar

Abstract

This research was motivated by the poor ability of the child to draw. This can be seen from the work of drawing children not resemble its original form. The solution of these problems is through the introduction of basic drawing techniques doodling art or drawing with a simple strike technique. The purpose of this study was to determine whether doodling art can enhance a child 's ability to draw in group B TK Al - Amien Surabaya .This research uses quantitative research with Quasi- Experimental research design Nonequivalent Designs with Control Group Design. The research subjects are 52 children. Data collection techniques used observation and documentation. Data analysis techniques used are Independent Sample T-tests with significance formula ρ < 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted which means that the effect on the ability of art doodling drawing children in group B.Based on the results of the study with a formula Independent Sample T - test , it can be seen that the significant value of ρ = 0.00 states that ρ < 0.005 so H0 is rejected and H1 is accepted , so it can be stated that the effect on the art doodling drawing skills in group B TK Al - Amien Surabaya .

Keywords: doodling art, drawing skills

Published
2014-06-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 39