PENGEMBANGAN PERMAINAN GOBAK SODOR MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KECAMATAN SEKARAN LAMONGAN
Abstract
Penelitian pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak dengan rentang usia 5-6 tahun ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan motorik kasar anak. Hal ini disebabkan karena kegiatan untuk motorik kasar anak kurang bervariasi. Sehingga sebagian besar kemampuan motorik kasar anak dalam hal berjalan jinjit sambil membawa bola, berjalan ke samping sambil membawa bola dan berlari sambil melompat dengan membawa bola masih belum banyak mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan ketika anak melakukan kegiatan berjalan jinjit masih banyak yang belum seimbang, ketika berjalan ke samping masih banyak yang melihat kesegala arah dan ketika kegiatan berlari sambil melompat anak masih terjatuh. Melihat keadaan seperti itu dalam penelitian ini akan mengembangkan sebuah permainan yang merupakan salah satu inovasi dari kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak berupa permainan gobak sodor modifikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah permainan gobak sodor modifikasi efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.Penelitian ini menggunakan desain Research and Development. Jenis penelitian menggunakan one group pretest-postest desagn. Subyek yang digunakan untuk uji coba terbatas dilakukan di TK Al Hikma jugo dengan 20 anak dan uji coba lebih luas dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 23 anak di TK Muslimat Rahayu Miru dan 16 anak di TK Muslimat Bunga Harapan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Jika t hitung < t tabel maka Ha diterima, dan Jika t hitung > t tabel maka H0 ditolak.. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan motorik kasar pada saat sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan permainan gobak sodor modifikasi diperoleh nilai rata-rata hasil sebelum perlakuan 11,3 dan rata-rata hasil sesudah pemberian perlakuan 16,2. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung < t tabel (0<30). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan gobak sodor modifikasi efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia kelompok B di Taman Kanak-kanak.
Kata kunci : permainan gobak sodor modifikasi, motorik kasar.
Abstract
Research on children in group B in kindergarten with an age range of 5-6 years is motivated by the lack of interest and the interest of the students to participate in gross motor activities that exist in their school. This is because not a lot of innovation is given on any activities related to the improvement of gross motor skills. So that most gross motor skills of the students in terms of throwing objects (seed sacs), throwing objects and catching back up, walk forward (above the bridge board) to carry the load at the top of the head, jumped to the side, and jump to the front is still not much increased. Seeing such circumstances in this research will be to develop a game that is one of the innovation activities to improve a child's gross motor skills gobak sodor game modification. Gobak sodor game was quite effective modifications to improve the gross motor skills of early childhood group B.The design of this research study Research and Development. This type of research uses one group pretest-posttest design.On research and development, there are several stages. In a preliminary study resulted in a product form modification gobak sodor game due to a book that will be tested and socialized. In the test conducted with the experiment, which compared the effectiveness and efficiency of the new system with the old work.Analysis using non-parametric statistical test Wilcoxon marked degree. Based on the analysis of data on gross motor skills in pre test and post test using modifications gobak sodor game earned an average value of pre-test results of 11,3 and an average of the results of the post test 16,2. Calculation results obtained with test levels t <t table (0 <30) so that Ha is accepted and Ho is rejected. Conclusions This study shows that the game gobak sodor modifications effective in improving gross motor abilities of early childhood group B in kindergarten.
Keywords: game gobak sodor modification, gross motor skills.