PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SENDOK ES KRIM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SEKARAN KABUPATEN KEDIRI

  • Wahyu Puspitaning Tyas
  • Erny Roesminingsih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok TK B.Hal ini disebabkan karena kondisi sekolah yang kurang memanfaatkan APE dengan baik, sehingga anak kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media sendok es krim terhadap kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sekaran Kabupaten Kediri.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua anak kelompok B yang berjumlah 25 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan rumus t-test related atau t-test paired dengan rumus π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™. Apabila π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™, maka koefisien pengaruh dua variabel yang diperoleh adalah signifikan.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan bantuan software SPSS for windows 16, hasil perhitungan antara kemampuan berhitung 1-20 anak sebelum diberi perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 10,920, sedangkan π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ dengan N= 25 dan taraf signifikasi 5% adalah 2,060. Maka diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ (10,920 > 2,060). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sendok es krim berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sekaran Kabupaten Kediri.

Kata kunci :media, sendok es krim, berhitung, Taman Kanak-kanak

Abstract

Research is based on low ability from children to count 1-20 of the second grade students.because of low school contribution to use educative visual tools properly because of limited educatiove visual tools that make students do not interest to learning activities. The purpose of this research is to identify the influence of ice cream spoon medium usage to the counting 1-20 ability of the second grade students of Dharma Wanita Kindergarten School Sekaran Kediri Regency.This research used quantitative approach with pre-experiment type and One Group Pretest – Posttest Design. Population and sample in this research were all of the second grade students of Dharma Wanita Kindergarten School Sekaran Kediri Regency consisted of 25 children. The data collecting method used are observation and documentation. Data analysis used parametric statistic by using formula of t-test related or t-test paired with π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™.Based on data analysis result by using software of SPSS for windows 16 showed children’s ability to count 1-20 pre-test and post-test showed tcount = 10,920 and ttable with N = 25 and significance level 5% namely 2,060. Then, obtainable π‘‘π‘π‘œπ‘’π‘›π‘‘ > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘™π‘’ (10,920 > 2,060. So namely there was significant influence between ice cream spoon medium usage to the counting 1-20 ability of the second grade students of Dharma Wanita Kindergarten School Sekaran Kediri Regency.

Key words :medium, ice cream spoon, counting, kindergarten school

Published
2014-06-01
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 55