Pengaruh Permainan Balon Sabun Berkilau Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Warna Pada Anak Kelompok B

  • Arina Kurniawati
  • Wiwik Widajati

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B dilatar belakangi oleh kemampun mengenal konsep warna anak dalam halmenyebutkan pencampuran warna primer menjadi sekunder, sekunder menjadi tersier di TK DWP Kemangi Gresikkurang. Hal tersebut terlihat ketika guru bertanya tentang pencampuran warna dan ternyata sebagian anak bingung danbelum bisa menyebutkan pencampuran warna sehingga dalam mengenal konsep warna perlu dikembangkan. Olehkarena itu diperlukan permainan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan materi pembelajaran pada anak. Permainanyang dimaksud adalah permainan balon sabun berkilau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruhpermainan balon sabun berkilau terhadap kemampuan mengenal konsep warna pada anak kelompok B di TK DWPKemangi Gresik.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan desainpenelitian One group pretest-posttest. Subyek penelitian berjumlah 12 anak. Metode pengumpulan data menggunakanobservasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon, dengan rumus T hitung< T table. Jika T hitung < T table, maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh antara 2 variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal konsep warna pada observasi sebelum perlakuandan observasi sesudah perlakuan menggunakan permainan balon sabun berkilau perhitungan sebelum perlakuandiperoleh rata-rata 10,1 sedangkan hasil perhitungan nilai sesudah perakuan diperoleh nilai 12,2. Dapat diketahui bahwat hitung=0 lebih kecil dari t tabel= 14 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung < t table(0<14) dan Ho ditolak karena t hitung > t tabel (0>14). Berdasarkan hasil perhitungan diatas, terbukti bahwa kegiatanmelalui permainan balon sabun berkilau dapat membantu anak dalam memahami pengenalan konsep warna.

Kata Kunci : permainan balon sabun berkilau, konsep warna

Abstract

Research on children in group B was motivated by the concept of children of color in red states, blue, yellow,mention red yellow mixed into orange, red colors indicate if mixed blue to purple, yellow mnyebutkan mixed blue togreen, and red states and blue mixed with yellow to brown in kindergarten DWP Basil Gresik. The purpose of this studyis to prove the effect of soap shiny balloon game against the ability of the concept of color in the group B children inkindergarten DWP Kemangi Gresik.This study used a quantitative research approach to the type of pre experiments and research design Onegroup pretest-posttest. The research subjects are 12 children. Methods of data collection using observation withassessment tools such as observation sheets. Statistical analysis of the data using non-parametric Wilcoxon test markedlevel (Wilcoxon matched pairs test).Based on the analysis of data on the ability of the concept of color on stage before treatment and after thetreatment phase using calculations sparkling soap bubble game before treatment gained an average of 10.1 while thecomputed values obtained after perakuan value of 12.2. It can be seen that t = 0 is smaller than t table = 14 and theresults of decision-making that is: Ha accepted because t <t table (0 <14) and Ho is rejected because t> t table (0>14). Based on the calculation above, it is evident that the activity through sparkling soap balloon game can helpchildren to understand the introduction of the concept of color.

Keywords: sparkling soap bubble game, the concept of color

Published
2014-06-01
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 758