PENGARUH PERMAINAN PAPIER-MÂCHE (KERTAS BALON) TERHADAPMOTORIKHALUS KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN

  • Septiana Mega Arlinda
  • Wiwik Widajati

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Tunas Harapan Mojokerto dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus dalam hal merobek, menjimpit, dan menempel masih perlu untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan karena kegiatan motorik halus anak kurang bervariasi. Sehingga sebagian besar kemampuan motorik halus anak dalam hal merobek, menjimpit dan menempel. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan adakah pengaruh permainan papier-mâche (kertas balon) terhadap kemampuan motorik halus.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest.Subyek penelitian berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test), dengan rumus T hitung < T table.Jika T hitung < T table, maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh antara 2 variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan motorik halus pada saat observasi sebelum perlakuan dan observasi sesudah perlakuan menggunakan permainan papier-mâche (kertas balon) diperoleh nilai rata-rata hasil observasi sebelum perlakuan 5 dan rata-rata hasil observasi sesudah perlakuan 7. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh T hitung= 0 lebih kecil dari T tabel= 25 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena T hitung < T tabel (0 < 25) dan Ho ditolak karena T hitung > T tabel (0 > 25). Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan papier-mâche (kertas balon) berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Tunas Harapan Mojokerto. Hal ini terbukti bahwa pembelajaran menggunakan permainan papier-mâche (kertas balon) dapat membantu anak dalam memahami dasar pengetahuan pada bidang pengembangan motorik halus dalam hal merobek, menjimpit dan menempel.

Kata kunci: papier-mâche , motorik halus

Abstract

Research on children in kindergarten group B Tunas Harapan Mojokerto background by fine motor skills in terms clamping, tearing, sticking and coloring still need to be developed. The aim of this study is to prove the papier – mâche game( paper balloons ) is there any influence on the ability to recognize motor skills.This study used a quantitative research approach to the type of pre experiments and research design one group pretest - posttest . Statistical analysis of the data using non-parametric Wilcoxon test marked level ( Wilcoxon matched pairs test).Based on the analysis of data on fine motor skills at the time of observation before treatment and post- treatment observation using papier - mâche game ( paper balloons ) obtained an average value of the results of observation before treatment 5 and the average results observed after treatment 7. Results of test calculations with levels obtained T count = 0 is smaller than T = 25 and the results table decision -making are: Ha count accepted because T < T table ( 0< 25 ) and Ho is rejected because the count T > T table ( 0 > 25 ). This study shows that the papier – mâche game ( paper balloons ) significantly affect fine motor skills in children in the kindergarten group B Tunas Harapan Mojokerto. It is proved that the learning using papier - mâche game ( paper balloons ) can assist the child in understanding the basic knowledge in the field of fine motor development in terms of tearing, sticking and coloring.

Key word: papier - mâche, fine motor

Published
2014-06-01
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 15