PENGARUH PERMAINAN MEMANCING KATA TERHADAP PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU 49

  • Ni’matul Wafiroh
  • Satiningsih Satiningsih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada setiap kegiatan bercakap-cakap. Banyak anak yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini terjadi karena guru di TK Muslimat NU 49 masih menggunakan LKA dalam menyampaikan materi yang dia ajarkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil penggunaan permainan memancing kata terhadap peningkatan perbendaharaan kata anak di TK Muslimat NU 49.Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan jenis Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah 20 anak dari kelompok B1sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak dari kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anlisis statistik prametrik dengan t-test independent (Uji-t), dimana jika thitung ≥ ttabel, maka penelitian ini disignifikasi ada penagruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian, skor rata-rata perbendaharaan kata di TK Muslimat NU 49 pada kelompok eksperimen meningkat 5,9 poin, sedangkan skor rata-rata perbendaharaan kata pada kelompok kontrol meningkat 1,7 poin. Berdasarkan hasil perhitungan Uji-t, diperoleh nilai thitung ≥ ttabel atau 6,269 ≥ 2,750. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan memancing kata terhadap peningkatan perbendaharaan kata pada anak kelompok B di TK Muslimat NU 49.

Kata kunci : memancing kata, perbendaharaan kata, anak kelompok B

Abstract

This research was motivated from the conversation activities happened in the classroom. Many children were not able to answer the questions posed by the teacher. This happened because the teachers in TK Muslimat NU 49 still used LKA in presenting the material they teaches. The objective of this study was to investigate the result of using Cue Words Game to increase vocabulary mastery of students in TK Muslimat NU 49.This study used Quasi-Experimental Research design with Non Randomized Pretest–Posttest Control Group. The subjects in this study were 20 children from B1 group as the experimental group and 20 children from group B2 as a control group. The data collection technique in study used observation and documentation. The data analysis technique in this study used parametric statistical analysis with independent t-test (t-test), where if tcount ≥ ttable, this research was stated significance.Based on the results of the study, the average score for the experimental group increased by 5.9 points, while the average vocabulary mastery score of the control group increased by 1.7 points. Based on the results of t-test calculation, the value was tcount ≥ ttable or 6.269 ≥ 2,750. Thus, it can be concluded that the Cue Words Game affected the students’ vocabulary mastery at B group of TK Muslimat NU 49.

Keywords: Cue words , vocabulary, group B kindergarten student

Published
2014-06-01
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 46