PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 3

  • Luvira Nilam Sari M
  • Satiningsih Satiningsih

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan linguistik-verbal pada anak, penyebabnya yaitu kurangnya inovasi pembelajaran yang diberikan guru. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan metode bermain peran (Role Playing) terhadap kecerdasan linguistik-verbal anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian berjumlah 24 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan dokumentasi berupa foto. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test), dengan rumus T hitung < T tabel. Penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabel jika Thitung < T tabel.  Berdasarkan hasil analisis data tentang kecerdasan linguistik-verbal pada saat observasi awal (pre-test) dan observasi setelah perlakuan (post-test) menggunakan metode bermain peran (Role Playing) diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 9,42 dan rata-rata hasil post-test 14,45. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung= 0 lebih kecil dari t tabel= 81 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung < t tabel (0<81) dan Ho ditolak karena t hitung > t tabel (0>81). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran (Role playing) berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan linguistik-verbal pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya.

Kata kunci: Metode Bermain Peran, Kecerdasan Linguistik-Verbal.

Abstract

This research was motivated by the low linguistic-verbal intelligence on the children at Aisyiyah 3 Surabaya kindergarten. The aim of this study was to determine whether the Role Play method application affect the children’s linguistic-verbal intelligent in Aisyiyah 3 Surabaya kindergarten.This study used a quantitative research approach with the pre-experimental and pretest-posttest design. The research subjects were 24 children. The data collection technique in this study used observation with assessment tool such as observation sheets and documentation in the form of photographs. The statistical analysis used a non-parametric Wilcoxon test marked level (Wilcoxon matched pairs test). Based on the data analysis on the linguistic-verbal intelligence at the beginning observation (pre-test) and the observation after the treatment (post-test) using Role Play method, it was acknowledged that the average score of pre-test was 9.42 and 14.45 on the post-test. The calculation result obtained with test levels was tcount = 0 is smaller than ttable= 81. Hence, it can be concluded: Ha is accepted because tcount< ttable( 0 < 81 ) and Ho is rejected because tcount> ttable ( 0 > 81 ). The conclusion of the study was Role Play method significantly influence the children’s linguistic-verbal intelligence in Aisyah Surabaya 3 Kindergarten. It proved that the Role Play method can help the children to understand and follow the simple commands, Stringing words to communicate, Trying to write a basic alphabet, Start reading simple words, and Shows interest in books.

Keywords : Method of Role Playing , Linguistic - Verbal Intelligence .   Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kecerdasaan Linguistik-Verbal Anak Kelompok

Published
2014-06-01
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 174