PENGARUH SENAM IRAMA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK AL-FITROH

  • Nidhi Rizkya HP
  • M. Husni Abdullah

Abstract

Penelitian dilakukan pada kelompok B di TK Al-Fitroh Surabaya dilatarbelakangi dengan perkembangan motorik kasar anak kelompok B yang masih rendah. Hambatan ini terjadi karena kurangnya minat anak dalam kegiatan senam irama. Senam irama merupakan salah satu kegiatan jasmani yang mudah diikuti oleh anak-anak khususnya anak kelompok B. Serta iringan musik yang membuat menjadi senang shingga anak mau mengikuti gerakan dalam senam irama. Adapun tujuan dari penelitian ini membuktikan apakah ada pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Al-Fitroh.

Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan one-group pre-test-post-test design. Teknik penumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Dan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik non parametrik yang menggunakan rumus uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon pair test) rumus tersebut digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh senam irama sebelum diberi perlakuan (pre-test) dengan setelah diberi perlakuan berupa senam irama (post-test)

Berdasarkan hasil analisis data tentang perkembangan motorik kasar pada pre-test dan post-test dengan perlakuan senam iram, data yang diperoleh yaitu nilai rata-rata pre-test 16,37 dan nilai rat-rata post-test 20,56. Data tersebebut dianalisis menggunakan tabel penolong wilcoxon. Hasil perhitungan yang diperoleh adalah T hitung = 0 sedangkan T tabel 81. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena, T hitung < T tabel ( 0 < 81 ). Dengan demikian simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh senam irama yang signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok B di TK Al-Fitroh Surabaya.

 

Kata kunci: senam irama, perkembangan motorik kasar

 

 

Abstract

The Research in group B of Al-Fitroh Kindergarten in Surabaya is, the low rate of. The research, which was conducted  to the group B of Al-Fitroh Kindergarten in Surabaya, is based on the fact that kids barely   develop their motor gross skill in rhythmic. This research aims to see if the rhythmic does affect the kids motor gross development. In this research, the writer user quantitative approach with pre experiment and one group pre test post test design. The research involver 24 students. The writer garners data by observing and using observation sheet to note down progresses

The Writer analyze the data using non-parametric statistic by wilcoxon. Based on the analysis made during pre-test and post-test observations, the writer final that the motor gross development the average value of the result pre test 16,37 and the average value of result post test 20,58.

Calculation result obtained with the test level t arithmetic = 0 the smaller from t table 81 and decision result is Ha be accepted because t arithmetic < t table ( 0 < 81 ) and Ho rejected because t arithmetic > t table ( 0 > 81). Conclusion the research shows that method of rhythmic gymnastics significant influence on motor gross development group B of Al-Fitroh in Surabaya  It is proved that of learning rhythmic gymnastics can help children develop the motor gross in the field of physical.

Keyword : rhythmic gymnastics, motor gross development


Published
2014-06-01
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 1676