Survei Sarana dan Prasarana outdoor di Taman Kanak-kanak Kecamatan Bubutan Surabaya

  • Rifqi Kaffatina Silmi
  • Sri Widayati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya lembaga TK yang memiliki Sarana dan Prasarana outdoor yang terbatas. Sarana dan prasarana sangatlah diperlukan dalam kegiatan belajar dan bermain untuk anak TK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi keadaan sarana dan prasarana outdoor di lapangan.  Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian yaitu 15 TK di Kecamatan Bubutan Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, kemudian mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan analisis ketersediaan APE (Alat Permainan Edukatif) outdoor yang memenuhi 3 prinsip 100% TK di kecamatan Bubutan belum memenuhi 3 prinsip dalam menyediakan alat permainan. Sedangkan 15 TK yang sudah memliki Luas sesuai standar minimal hanya 8 TK (53%) dan 7 TK (47%) masih kurang dari standar minimal. Luas permainan outdoor yang sudah sesuai standar terdiri dari 3 TK (20%) sedangkan 12 TK (80%) yang lain belum sesuai dengan standar. Alat permainan yang umum banyak dimiliki yaitu papan seluncur, jungkat-jungkit, tangga majemuk, mangkok putar, berbagai macam ayunan dan papan titian. Keadaan alat permainan tersebut rata-rata kurang perawatan dan kurang perbaikan serta jarak antara permainan yang satu dengan yang lain terlalu sempit. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari 15 TK di Kecamatan Bubutan masih kurang memenuhi standar yang ideal.

Kata Kunci : Sarana dan prasarana, Outdoor, Taman Kanak-kanak

Abstract

The background of this study is based on the number of kindergarten institutions having outdoor facilities and infrastructures are limited. Facilities and infrastructure are needed to support learning and playing activities for children of kindergarten. The purpose of this study is to know the condition of facilities and infrastructure outdoor in field. This study uses a qualitative descriptive study with a survey method. Research subjects are 15 kindergartens in Bubutan Surabaya . Data collection techniques use observation, interviews, documentation and questionnaires. Data analysis techniques uses Miles and Huberman which there are three steps in analyzing data, data reduction, displaying data, and drawing conclusions. Based on the research and analysis availability APE (Educational Games Equipment) outdoor fulfilling 3 principles 100%, kindergarten in Bubutan have not fulfill the 3 principles in providing facilities for game. While 15 kindergartens which already have an area that is appropriate with minimum standart. Outdoor game area which has appropriate with the standart. The common game equipments are sled, Seesaw, ladder compound, rotary bowl, assorted board swing and catwalk. The condition of the game equipment on the average less maintenance and less repairs as well as the distance between a game with each other is too narrow. Based on analysis of data then can be concluded that of 15 kindergarten in sub-district bubutan is still not enough fill the ideal.

Keywords : Facility and infrastructure, outdoor, kindergarten

Published
2014-06-01
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 953