MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK A TK SEBELAS MARET SUMBERTEGUH KUDU JOMBANG

  • Siti Erlena
  • Moh. Reza

Abstract

Anak kelompok A di TK Sebelas Maret Sumberteguh Kudu Jombang sebagaian besar dalam mengenal konsep bilangan 1 sampai 10 masih kurang dikarenakan anak hanya menghafal dan kurang mengerti konsep bilangan 1 sampai 10 itu apa dan selain itu cara penyampaian guru yang kurang bervariasi membuat anak bosan. Maka perlu cara dilakukan tindakan menggunakan media kartu angka. Tujuan mengenal konsep bilangan kepada anak kelompok A di TK Sebelas Maret Sumberteguh Kudu Jombang adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif melalui media kartu angka dapat meningkatkan mengenal konsep bilangan 1 sampai 10 pada anak kelompok A di TK Sebelas Maret Sumberteguh Kudu Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok A TK Sebelas Maret Sumberteguh Kudu Jombang yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas guru 85%, aktivitas anak 80%, dan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak 75%. Target kriteria keberhasilan tindakan pada penelitihan ini adalah > 85%, aktivitas guru, aktivitas anak dan kemampuan mengenal angka berdasarkan siklus I kriteria belum tercapai sehingga peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru 87,5%, aktivitas anak 85%, dan kemampuan mengenal angka 85%. Dari siklus II maka target pencapaian tindakan sudah tercapai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1 sampai 10 pada kelompok A TK Sebelas Maret Sumberteguh Kudu Jombang.

Kata kunci : kemampuan, kognitif, media, kartu angka.

Abstract

Most of students group A in TK Sebelas Maret, Sumberteguh Kudu Jombang has low concept of knowing at numbers 1 to 10 because they just memorize and do not understand well the concept of numbers 1 to 10 . Besides the way of teachers in explaining are less variation and make students bored. Therefore, It needs a necessary action that is to use a media card numbers. The purpose of the concept of numbers to student group A of TK Sebelas Maret, Sumberteguh Kudu Jombang is to describe the cognitive abilities through the media card numbers to improve the concept of numbers 1 to 10 to students group A in TK Sebelas Maret, Sumberteguh Kudu Jombang. This study uses action research that is designed in the form of a repeating cycle . Each cycle consists of four stages , namely planning , implementation , observation and reflection . Subjects in this study were students of group A TK Sebelas Maret, Sumberteguh Kudu Jombang totaling 20 children consisted of 12 girls and 8 boys. Data collection techniques used is observation and documentation. Analysis Technique used is descriptive statistics. From the result of the first cycle shown that teachers activities is 85%, students activities is 80%, and student’s concept of numbers 1 to 10 is 75%. But, the target criteria of this research doesn’t reach yet, therefore the researcher continues the research on the second cycle. From the second cycle, it is obtained that teachers activities is 87,5%, students activities is 85%, and student’s concept of numbers 1 to 10 is 85% . Based on the data analysis of the second cycle, the expected target is reached. Moreover, it can be concluded that by using a media card numbers can improve student's ability to recognize the concept of numbers 1 to 10 in students group A TK Sebelas Maret, Sumberteguh Kudu Jombang .

Keywords : ability ,cognitiv, media, card numbers

Published
2014-06-01
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 12