PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI KELOMPOK A PGTKIT ANAK CINTA ISLAM KECAMATAN GAYUNGAN KOTA SURABAYA

  • Yunita Arianti
  • Zainul Aminin

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan menyimak yang terdapat di kelompok A PGTKIT Anak Cinta Islam Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Selama ini dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran di kelompok A PGTKIT Anak Cinta Islam, guru seringkali menggunakan media gambar atau buku cerita yang sederhana. Setelah satu semester berjalan, kemampuan menyimak anak, rata-rata hanya 25% anak yang bisa menceritakan kembali isi cerita secara sederhana dan baru sekitar 50% anak yang bisa menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita yang baru didengarnya. Permasalahan tersebut perlu segera dicarikan jalan keluarnya, mengingat kemampuan menyimak ini merupakan dasar dari pengembangan bahasa anak selanjutnya. Sehingga peneliti mencoba memberi solusi berupa media yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktifitas guru, aktifitas anak dan peningkatan hasil kemampuan menyimak anak melalui penggunaan multimedia di kelompok A PGTKIT Anak Cinta Islam Kecamatan Gayungan Surabaya.Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 11 anak Kelompok A PGTKIT Anak Cinta Islam Surabaya yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan menyimak anak pada siklus I diperoleh data hasil observasi aktifitas guru 75% dan hasil observasi aktifitas anak 73%, hasil observasi kemampuan menyimak anak 55%. Hal ini menunjukkan penelitian belum berhasil karena belum mencapai kriteria tindakan yang diharapkan yaitu >80%, sehingga penelitian ini berlanjut pada siklus kedua. Pada siklus II didapatkan data hasil observasi aktifitas guru 95% dan hasil observasi aktifitas anak 91%, hasil observasi kemampuan menyimak anak 91%. Berdasarkan dari analisis data siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa penggunakan multimedia dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak.

Kata Kunci: Multimedia, Kemampuan Menyimak

ABSTRACT

This research starts from problem pertaining to listening skills in Group A of PGTKIT Anak Cinta Islam Gayungan, Surabaya. T o date in developing children’s listening skills in Group A of PGTKIT Anak Cinta Islam, teacher often uses an image media or a simple story book. After one semester has elapsed, children’s listening skills only average 25% children can retell simply story and just 50% they can mention characters inside the story that has just been listened. Such problem needs to be found its way out immediately in which the listening skills are basic development of children’s further language. So the writer attempts to give solution for more effective media such as by using multimedia. The research aims to describe the activity of teacher and children, the improvement of children’s listening skills result through multimedia use on group A of PGTKIT Anak Cinta Islam Gayungan, Surabaya.The kind of research used in this research is a class action research. The Subject of research are 11 students from group A of PGTKIT Anak Cinta Islam Gayungan, Surabaya that consist of 5 girls ands 6 boys.Data collecting techniquein this research is observation and the data analysis is using descriptive statistic.From the analysis of the data in the first cycle of data obtained on the observation of the activities of teachers is 75% and the observation of the activities of children is 73%, the observation of the child’s listening skills is 55%. This suggests that the study has not yet managed to achieve over 80% success indicators, so it must be done the second cycle. In the second cycle the data obtained on the observation activities of teachers is 95% and the observation of the activities of children is 91, the observation of the child’s listening skills is 91%. Based on the analysis of data from the second cycle, this study successfully and concluded that the use of multimedia can be increase the children’s listening skills.

Keywords : multimedia, listening skills.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 89