MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI PADA KELOMPOK A1 TK BAITUL AZIIZ

  • Wali Atiningsih
  • Zainul Aminin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan kemampuan sosial emosi anak kelompok A1 TK Baitul Aziiz yang masih rendah.. Hal ini terlihat sebagian besar anak belum berkembang dalam bersabar menunggu giliran permainan dan dalam mentaati aturan permainan. Realitas ini disebabkan karena anak hanya bermain secara individu dan permainan masih kurang bervariasi sehingga anak merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, anak dan peningkatan kemampuan sosial emosi anak melalui permainan bisik berantai pada anak kelompok A di TK Baitul Aziiz . Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian tindakan John Elliot yang dilakukan dalam bentuk siklus berulang. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A di TK BAITUL AZIIZ yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan sosial emosi diperoleh data 60%.Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah >75% maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II di peroleh data mengenai peningkatan kemampuan sosial emosi melalui permainan bisik berantai mencapai 86,6%. Berdasarkan hasil data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa kegiatan peningkatan sosial emosional anak dengan menggunakan Permainan Bisik Berantai dapat meningkatkan kemampuan anak untuk sabar dalam menunggu giliran permainan bisik berantai, dan kemampuan anak dalam mentaati aturan yang berlaku dalam permainan. Hasil kegiatan anak secara keseluruhan juga mengalami peningkatan disebabkan oleh penggunaan permainan dan media bermain yang tepat.

Kata Kunci : Kemampuan Sosial Emosional, Permainan Bisik Berantai.

Abstract

This researchis based on by an increase children's social emotions skills in groups A1 of Baitul Aziiz kindergarten are still low.. It is seen largely undeveloped in children patiently wait their turn to obey the rules of the game and in the game. The reality is because children just play the game individually and still less varied so that children feel bored when learning takes place. The purpose of this study is to describe the activities of teachers, children and increased social skills through play children's emotions whispered chain in children in the group A Baitul Aziiz kindergarten. This research uses a Class Action Research with John Elliot action research design is done in the form of a repeating cycle . The subjects of this study were a group of children in kindergarten Baitul AZIIZ totaling 15 children , which consists of 7 girls and 8 boys . Methods of data collection in this study using observation . Analysis of the data used in this study is descriptive statistic. From the analysis of the social emotions upgrading the data obtained 60 % . This study shows a class action has not been successful because the target specified is > 75 % , this study continues on the second cycle . In cycle II to obtain data on the increase in social skills through games whispered emotions chain reaches 86.6 %. Based on the results of the data in the second cycle, this study successfully and it can be concluded that the children's social emotions improvement activities using a chain Whispered games can improve children's ability to patiently wait their turn in games whispered chain, and children's ability to comply with applicable rules in the game. The result of the whole child activities also increased due to the use of games and media play is right.

Keywords : social emotions skills, chained whisper game

Published
2014-06-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 532