MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELOMPOK ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT FLAMBOYAN RW.II

  • Siti Sahar
  • Rohita Rohita

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data studi awal yang menunjukkan kondisi kemampuan mengenal warna di PPT Flamboyan yang sangat kurang. Hal ini terbukti anak masih bingung ketika ditanya tentang warna primer maupun sekunder. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menerapkan kegiatan bermain mencampur warna sambil mengenal warna. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan aktivitas guru, anak dan peningkatan belajar anak melalui kegiatan mencampur warna.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Flamboyan Rungkut Surabaya kelompok usia 3-4 tahun sebanyak 15 anak, yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis yang diperoleh data hasil belajar mengenal warna dengan metode eksperimen, Pada siklus I pertemuan 1 mendapat skor 65% sedangkan pada pertemuan 2 meningkat 68%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah 80%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh data 91% dan pada pertemuan 2 mencapai 93%. Peningkatan persentase pada siklus I ke siklus ke II dikarenakan guru menyampaikan materi dengan jelas dan benar, menjaga situasi kelas yang selalu kondusif dan menyenangkan bagi anak, serta memberikan pujian/reward untuk anak. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak usia 3-4 tahun di PPT Flamboyan Surabaya

Kata kunci: Kemampuan Mengenal Warna, dengan Metode Eksperimen

Abstract

Background This study initiated by the results of the initial study data which shows the condition of the ability to know the color in PPT Flamboyan very less . This proved the child was still confused when asked about primary and secondary colors . Under these conditions, the researchers tried to implement a color mixing play activities while getting to know the color . The purpose of this study is to describe the activity of the teacher the child and the child's learning enhancement through color mixing . This study uses action research (action research class ) is designed in the form of a repeating cycle . Each cycle comprises four phases: planning , action , observation and reflection . The subjects in this study were children PPT Flamboyan Rungkut Surabaya age group of 3-4 years as many as 15 children , which is composed of 8 girls and 7 boys . Data collection techniques used observation and documentation , while data analysis using descriptive statistic.From the analysis of the data obtained with the results of getting to know the color of the experimental method , the first cycle 1 meeting got a score of 65 % while at the confluence of 2 increased 68 % . This suggests the study of this class action have not been successful because the specified target is 80 % , so the research continues in cycle 2 . 1 meeting the second cycle of data obtained in 91 % and reached 93 % 2 meeting . Increased percentage in the first cycle to the second cycle due to the teachers present material clearly and correctly , always keeping the classroom situation conducive and fun for children , as well as giving praise / reward for the child . It can be concluded that the process of learning through the experimental method can improve the color recognize ability of children aged 3-4 years in PPT Flamboyan Surabaya

Keywords : Getting to Know Color Capability , Experimental Method

Published
2014-06-01
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 237