PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HIDAYAH

  • Agil Prasetyaningarum
  • Rohita Rohita

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Al-Hidayah Pakis Tirtosari Surabaya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis anak kelompok B hal tersebut tampak ketika anak tidak mampu menjawab pertanyaan kognitif tingkat tinggi atau pertanyaan terbuka, ini disebabkan karena kurangnya penguasaan keterampilan guru dalam bertanya. Keterampilan bertanya penting dikuasai oleh guru karena dapat merangsang anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan, merangsang anak untuk menemukan pengetahuannya sendiri, serta melatih kemampuan berpikir kritis anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap kemampuan berpikir kritis anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-experimental designs dengan menggunakan tipe one group pretest-posttest design. Subyek penelitian berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametris dengan rumus Sign Test dimana jika taraf kesalahan > p tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan berpikir kritis anak pada saat sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan penerapan keterampilan bertanya guru diperoleh hasil perhitungan dalam tabel binomial dengan N = 10 (N berkurang bila tidak terjadi perbedaan tidak ada (+) atau (-) dan p = 2 (tanda yang kecil) diperoleh p tabel = 0,055. Bila taraf kesalahan sebesar 5% (0,05), maka harga 0,055 ternyata lebih besar dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya guru berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak kelompok B di TK Al-Hidayah Pakis Tirtosari Surabaya.

Kata Kunci : keterampilan bertanya, berpikir kritis

Abstract

The research on children in kindergarten group Al-Hidayah Pakis Tirtosari Surabaya motivated by the lack of critical thinking skills of children in group B that appear when the child is not able to answer the question of high-level cognitive or open-ended questions, is due to a lack of mastery of the skills of teachers in asking.Critical questioning skills mastered by the teacher because it can stimulate children to be actively involved in the activities , stimulate the child to find his own knowledge , and to train the child's ability to think critically. The purpose of this study was to determine whether or not the influence of teachers' questioning skills to the children's critical thinking skills. This study uses a quantitative approach to the type of pre-experimental designs using a type of one-group pretest-posttest design. The research subjects are 22 children. Methods of data collection using observation with a judgment in form of sheets observation. Data analysis using statistical non parametric with Sign Test formula where if the standard error is greater than the p table then Ho is rejected and Ha accepted.Based on the analysis of data on children's critical thinking skills at the time before treatment and after treatment application of acquired skills teacher asked calculation results in a table binomial with N = 10 (N is reduced if there is not any difference (+) or (-) and p = 2 (small sign) obtained p = 0.055 table. When the error level of 5% (0.05), then the price of 0.055 was greater than 0.05. thus Ho is rejected and Ha accepted. Conclusions research shows that teacher questioning skills influence positively to critical thinking skills in children in the kindergarten group Al-Hidayah Pakis Tirtosari Surabaya.

Keywords : questioning skill, critical thinking

Published
2014-06-01
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 831