PERBANDINGAN KEMAMPUAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTIKA IV-52 DAN TK PERTIWI

  • Rida Wahyuningtyas
  • Dewi Komalasari

Abstract

Penelitian pada anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Kartika IV-52 dan Taman Kanak-Kanak Pertiwi ini dilatarbelakangi oleh pembentukan pendidikan berkarakter dengan penanaman perilaku kemampuan disiplin sejak dini. TK Kartika IV-52 sangat berkaitan erat dengan perilaku disiplin yang berada di koramil 0814-16 Ploso Jombang, sedangkan TK Pertiwi berada di lingkungan nonmiliter. Peneliti ingin mengetahui efektifitas kedisiplinan berbasis militer, sehingga penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan disiplin anak di TK Kartika IV-52 dan TK Pertiwi Ploso Jombang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian  Intact Group-Comparison. Subyek penelitian berjumlah 22 anak yaitu 10 anak di TK Kartika IV-52 dan 12 anak di TK Pertiwi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan statistik non parametrik  Mann Whithney U-test.

Hasil perhitungan data menunjukkan Mann Whithney U-test nilai Ttabel adalah 24.Jika Thitung > Ttabel (41>24), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Diketahui bahwa Thitung > Ttabel. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Kartika IV-52 dan TK Pertiwi Ploso Jombang tidak mengalami perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci               : Perbandingan, Disiplin Anak

Abstract

This Research is conducted that 5-6 years old of Kartika IV- 52 and Pertiwi kindergarten is based the formation of character education with discipline cultivation ability behavior since childhood. Kartika IV-52 kindergarten is closely related to discipline behavior that is in Jombang Ploso 0814-16 military command, while Pertiwi kindergarten is in non-military environments. Researchers want to know the effectiveness of military-based discipline, so this study aimed to compare the ability to discipline children in kindergarten Kartika IV-52 and Pertiwi kindergarten Ploso Jombang.

This Research uses a quantitative approach to the study and design of pre experiments Intact Group- Comparison scrutiny . Research subjects totaling 22 children ie 10 children in Kartika IV- 52 kindergarten and 12 children in Pertiwi kindergarten. Methods for collecting data using an assessment tool in the form of observation to observation and documentation sheets . Data analysis using statistical non parametric Mann Whithney U -test .

The calculation data show Whithney U -test Mann Ttabel value is 24 . If Thitung > Ttabel ( 41> 24 ) , then Ho accepted and Ha is rejected. Note that Thitung >Ttabel . Until the results of research it can be concluded that the ability to discipline children aged 5-6 years in Kartika IV- 52 and TK Pertiwi kindergarten Ploso Jombang not have significant differences.

Keyword : Comparison, Chidren’s discipline

Published
2014-06-01
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 26