PENERAPAN PERMAINAN GOBAG SODOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK A TK MICKEY MOUSE

  • Maharani Puspa Rahma Juwita
  • Zainul Aminin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan kemampuan sosial emosi anak kelompok A TK Mickey Mouse yang masih rendah. Hal ini terlihat sebagian besar anak belum berkembang dalam bermain dengan teman dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Realitas ini disebabkan karena anak hanya bermain menggunakan APE yang ada dan bermain secara individu. Pengamatan peneliti dalam kegiatan peningkatan kemampuan sosial emosi di TK Mickey Mouse dari 15 anak, hanya sekitar 33,3% (5 anak) yang mencapai kemampuan sosial emosi dengan baik sedangkan harapan yang ingin dicapai adalah 80%. Dengan demikian maka perlu dilakukan tindakan dengan penerapan permainan gobag sodor. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan aktifitas guru, aktifitas anak dan peningkatan hasil kemampuan sosial emosi melalui penerapan permainan gobag sodor pada kelompok A TK Mickey Mouse Surabaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yang terdiri dari 4 komponen yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelompok A di Tk Mickey Mouse yang berjumlah 15 anak, yang terdiri 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif.Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan sosial emosi anak pada siklus I diperoleh data hasil observasi aktifitas guru 43,8%, hasil observasi aktifitas anak 55%, dan hasil observasi kemampuan sosial emosi anak 53,3%. Hal ini menunjukkan penelitian belum berhasil karena belum mencapai kriteria tindakan yang diharapkan ≥ 80%, sehingga penelitian ini harus berlanjut pada siklus II. Pada siklus II didapatkan data hasil observasi aktifitas guru 100% , hasil observasi aktifitas anak 94,2%. Berdasarkan dari analisis data siklus II maka penelitian ini berhasil dan disimpulkan dan hasil observasi kemampuan sosial emosi anak 86,7%, Sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan permainan gobag sodor dapat meningkatkan kemampuan sosial emosi anak.

Kata Kunci: Permainan Gobag Sodor, Kemampuan Sosial Emosional

Abstract

This study was motivated by an increase in the ability of children's social emotional of Mickey Mouse Kindergarten is still low. It is seen largely undeveloped child in playing with friends and work together to complete the task. Because children just play using existing APE and play individually. Observations in activities to increase social skills in kindergarten emotion Mickey Mouse of 15 children, only about 33.3% (5 children) who achieve social skills emotions well while expectations achieved is 80%. Thus it is necessary to act with the adoption of Sodor gobag game. The purpose of this study is to describe the activities of teachers, children activities and increasing yields through the application of social skills emotions gobag Sodor game in group A Mickey Mouse Kindergarten Surabaya.This study used classroom action research. Action research which is designed in the form of repeated cycles consisting of four components, namely a plan, action, observation, and reflection. The subjects of this study were group A at Tk Mickey Mouse totaling 15 children, comprising 11 boys and 4 children girls vvb .Teknik data collection using observation and documentation, while data analysis using descriptive.From the analysis of the social upgrading of children's emotions in the first cycle of data obtained by the observation of the activities of teachers 43.8%, the observation of the activities of children 55%, and the observation of children's social skills emotions 53.3%. This suggests the study has not been successful because it has not reached the expected action criteria ≥ 80%, so this research should be continued in the second cycle. In the second cycle the data obtained on the observation activities of teachers 100%, the observation of the activities of children 94.2%. Based on the analysis of data from the second cycle, this study successfully concluded and the results of observation and social skills a child's emotional 86.7%, so it can be concluded that the application of Sodor gobag games can improve children's social emotional

Keywords: Games Gobag Sodor, Social Skills Emotional

Published
2014-06-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 77