STRATEGI PEMBELAJARAN MENGENALKAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DALM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DI TK ISLAM AL FAJAR

  • Heny Rahmawati
  • Rohita Rohita

Abstract

Aspek perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia 5-6 tahun. Salah satunya tentang mengenalkan keaksaraan anak. Pengenalan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada tahap pengenalan huruf dan bunyinya (fonologi), kata (morfologi), dan kalimat sederhana (sintaksis). Terkait dengan mengenalkan keaksaraan, di TK Islam Al Fajar Surabaya menggunakan model pembelajaran sentra persiapan sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan mengenal keaksaraan anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan dan hambatan-hambatan yang tejadi dalam pembelajaran mengenalkan keaksaraan anak kelompok B di TK Islam Al Fajar Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru sentra persiapan di TK Islam Al Fajar Surabaya. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam menganalisis data, yaitu data reduction (reduksi data), kemudian data display (penyajian data), lalu conclusion drawing / verification (simpulan).Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses pembelajaran terlihat bahwa berbagai macam densitas yang disiapkan oleh ustadzah di sentra persiapan mampu meningkatkan keaksaraan anak. Penggunaan metode dan media yang tepat, bervariasi, dan menarik mampu menghilangkan rasa bosan anak dan mendorong anak untuk mengerjakan kegiatan yang diberikan oleh guru sampai selesai. Kemudian hambatan terbesar dalam pembelajaran mengenalkan keaksaraan di sentra persiapan adalah terdapat beberapa anak yang belum bisa membaca kalimat sederhana dengan lancar. Sehingga Ustadzah memberikan kegiatan tambahan untuk meningkatkan keaksaraan anak.

Kata kunci : Sentra Persiapan, Keaksaraan.

Abstract

Language aspects of language development is one aspect of development which should be developed in children aged 5-6 years. One of them is introducing children literacy. Introducing children for 5-6 ages is the level of introducing letters and sounds (fonology), word (morfology),and simple sentense (sintacsis). Connected to literacy introduction, Al Fajar Islamic Kindergarten Surabaya using the preparation cenrtal as a tool to develope the ability of knowing the children literacy. This research is purposed to descripe how is the implementation and the obastacles thet happen in teaching children literacy at group B in Al Fajar Islamic Kindergarten Surabaya.This research is using descriptive kualitative research. Data collection technic is using observation, interview, and documentation. The subyek of research is children group B in Al Fajar Islamic Kindergarten Surabaya. Data analysis technic is using Miles and Huberman Model where there are theree steps in analysis the data, they are data reduction, data display, and conclusion drawing.Based on research result and data analysis during teaching proses, it can be seen that by those densitas that are prepared by teacher in preparation central are able to improve children literacy. By using interesting, variety, and suitable maehod and media can lose the children bored and support them to do the activity that is given by the teacher until finish. And the big obstacle in teaching of introducing literacy in preparation central is some much children can not read simple sentese fluently yet. So that, teacher gives additional activity to improve the children literacy.

Keyword: The Preparation Central, Literacy.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 1099