PENGARUH PERMAINAN KALENG PINTAR terhadap KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A di TK PUTERA HARAPAN

  • Finda Adisty Aprilia
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada anak kelompok A ini, dilatar belakangi kemampuan kognitif anak dalam mengenalkan konsep bilangan 1 – 10 dirasa masih kurang. Tampak pada saat guru menuliskan 1-10 dan memberikan pertanyaan tentang angka yang ditulis itu. Anak yang dapat menjawab pertanyaan hanya beberapa saja. Hal ini dikarenakan pembelajaran tentang pengenalan bilangan 1 – 10 pada kelompok A di TK Putera Harapan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kaleng pintar terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Putera Harapan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen dan desain penelitian one group pretest posttest design. Subyek penelitian berjumlah 21 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, yang digunakan untuk mengamati segala kondisi yang terjadi di lapangan untuk memperoleh data-data. Alat penilaiannya berupa lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik nonparametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus jika T hitung < T tabel maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh 2 variabel.Hasil perhitungan data menunjukkan ada perbedaan pretest dan posttest yang semula sebesar 186 menjadi 230. Perhitungan uji jenjang bertanda Wilcoxon bahwa nilai T tabel adalah sebesar 59. Jika Thitung < T tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka diketahui bahwa T hitung < T tabel (0 < 30). Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan kaleng pintar terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Putera Harapan.

Kata kunci : Permainan kaleng pintar, Kemampuan kognitif

Abstract

The research conducted at a group children , motivated by the cognitive skill of children in introducing the concept of numbers 1-10 is still not.. Looked at the time wrote down 1-10 and provide written questions about the numbers how many numbers . Children who can answer questions from the teacher only a few. This is because learning about the introduction of the numbers 1-10 in group A in Putera Harapan kindergarten less attractive . The purpose of this study was to determine the effect of tin clever game against the cognitive skill of children in Putera Harapan kindergarten group A.This research uses quantitative research approach to the type of pre - experimental research design and one group pretest posttest design . The subjects of the reseach are 21 children.. The data collecting methods used is observation , it is used to observe all of things happened in the field to get the data.The instrument used is observation sheet. Analysis of the data used is nonparametric statistics with the Wilcoxon test level marked with arithmetic formula ifT count < T table , this research significantly the influence of 2 variables .The results showed no differences in data calculation pretest and posttest of the original 186 to 230 . Calculation marked Wilcoxon test level that is equal to the value of the T table 59 . If Tcount < T table, Ho is rejected and Ha is accepted , it is known that T count < T table ( 0 < 30 ) . So the results of this study concluded that there is effect of smart can game of smart can game for A group children’s cognitif skill at Putera Harapan Kindergarten Gersikan Surabaya.

Keywords : smart can game, cognitive skill

Published
2014-06-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 46