MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENERAPAN MEDIA BOLA BERWARNA PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA GEBANGSARI MOJOKERTO

  • Siti A’isyah
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian ini berdasarkan observasi pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto,diketahui dari 20 anak terdapat 6 anak yang mampu dalam bidang kemampuan kognitif melaluipengenalankonsep bilangan 1-20 dengan media bola berwarna, selebihnya anak masih kurang mampu dalam bidangpengenalan konsep bilangan 1-20. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang kondisinya monoton dancenderung konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitaspembelajaran melalui penerapan media bola berwarna, mengetahui dan mendeskripsikan tingkat efektivitaskemampuan kognitif dalam pembelajaran melalui penerapan media bola berwarna pada anak kelompok B TKDharma Wanita Gebangsari Mojokerto.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan siklus berulang, yangterdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian iniadalah Kelompok B TK Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulandata menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan kognitif anak sebesar 55%.Sedangkan target kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini adalah 80%. Berdasarkan siklus I kriteriatindakan belum tercapai sehingga peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data aktivitasanak 85%. Dari data siklus II maka target pencapaian tindakan sudah tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkanpenggunaan media bola berwarna dapat meningkatkan kemampuan kognitif khususnya pengenalan konsepbilangan 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Gebangsari Mojokerto.

Kata kunci: kemampuan kognitif, permainan bola berwarna

ABSTRACT

This researh is depend on the observation of the children group B TK DharmaWanitaGebangsariMojokerto. From 20 children was known that there were 6 children could hold in developingcognitive passing through recognizing concept of 1-20 number with color ball media, and the rest the childrenare couldn’t hold in recognizing concept of 1-20 number. This is caused by learningprocess that wasmonotone conditional and conventional learning. The purpose of this research is to know and discriminate thelearning activities passing through of color ball application, to know n discriminate effectiveness degree ofcognitive ability in learningapplication color ball media to the children group B TK DharmaWanitaGebangsariMojokerto.This research used class action research. This reset used multiple cycle, that contain of 4 steps they are :planning, action execution, observation, Reflection. The reset subject is group B Dharma Wanita kingdomgarden GebangsariMojokerto with the amount 20 children, data colleting technique used observation andoral test. Data analyze technique used statistic, description.Fromdata analyze result on cycle 1 show completeness cognitive ability to the result, is 55 %. Targetedaction succes criteria in thisstudywhere 80%. Based on the criteria of the first cycle of action has not beenachieved so research continue in the second cycle. In cycle II child activity data 85 %. Data from the secondcycle the action attainment. means that had achieved. This study cocluded the use of the color ball media couldinterest cognitive ability especially recognizing 1-20 number concept on children group B TK Dharma WanitaGebangsari Mojokerto.

Keywords: cognitive ability, color ball media

Published
2014-06-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 619