MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG MELALUI MEDIA SEMPOA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERMATA ANANDA SIDOARJO

  • KARTINI

Abstract

Anak kelompok B TK Permata Ananda Sidoarjo sebagian besar mengalami kesulitan dalam menghitungdan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Untuk meningkatkan kemampuanmenghitung anak kelompok B ini, alternatif pemecahan yang digunakan adalah menggunakan mediasempoa sistem 1-4 tanpa rumus karena masih berhitung dasar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung pada anak kelompokB TK Permata Ananda Sidoarjo dengan menggunakan media sempoa. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan persentase awal siklus I adalah aktivitas guru 79%,aktivitas anak 75%, kemampuan menghitung 75%. Pada siklus II, persentase secara keseluruhanmeningkat, yaitu: aktivitas guru 88%, aktivitas anak 85%, dan kemampuan menghitung 83%. Hal inisesuai dengan yang diharapkan.Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan media sempoa yang benar, dapat meningkatkankemampuan menghitung pada anak kelompok B TK Permata Ananda Sidoarjo. Guru hendaknyamengajar berhitung dengan sempoa, sesuai dengan kemampuan anak, memilih sempoa sesuai ukuran jarianak, menguasai pengoperasian sempoa dengan benar.

kata kunci : media sempoa, kemampuan menghitung.

Abstract

Children of group B TK Permata Ananda Sidoarjo mostly have difficulty in counting and take a long timeto complete it. To improve the children's ability to calculate, the alternative solution is using the mediathe abacus system 1-4 without formula because it is still basic math.The purpose of this study was to determine the children's increasing counting ability on group B of TKPermata Ananda Sidoarjo using abacus media. This research is a classroom action research. The resultsshow that the percentages of the first cycle are 79% of teacher’s activity, 75% of the children's activity,and 75% of counting ability. In the second cycle, the overall percentages increase, those are 88% ofteacher’s activity, 85% of the children's activity, and 83% of counting ability. This is as expected.The conclusion of this study is to use an abacus media correctly, it can increase the children's ability tocount on the children of group B TK Permata Ananda Sidoarjo. Teachers should teach arithmetic withthe abacus in accordance with the child's ability, choose abacus based on the appropriate size of thefinger of children, and master operating abacus properly.

keywords: abacus media, counting ability

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 584