PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BENTUK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA

  • ROHMATUL UTARI

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Tanjung di latarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan anak dalam memahami bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk geometri. Hal ini disebabkan karena guru selalu menggunakan media gambar yang ada di LKA untuk mengenalkan bentuk pada anak. Media video adalah salah satu media yang tidak pernah digunakan di TK. Oleh karena itu media ini akan digunakan sebagai media untuk mengenalkan konsep bentuk. Tujuan penelitian ini ingin membuktikan apakah ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan memahami konsep bentuk pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Tanjung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Designs. Subjek penelitian ini berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Analisis data menggunakan stastistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus thitung < ttabel, jika Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian, data tentang kemampuan memahami konsep bentuk diperoleh rata-rata hasil pretest 13,35 dan rata-rata hasil posttest 23. Hasil perhitungan dengan uji jenjang Wilcoxon diperoleh thitung = 0 dan ttabel =52, sehingga hasilnya yaitu Ha diterima karena thitung < ttabel (0<52) dan H0 ditolak. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap kemampuan memahami konsep bentuk pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Tanjung.

Kata kunci : media, video, konsep bentuk

Abstract

Research in group B in Kindergarten Dharma Wanita Persatuan Tanjung based on the low of children’s ability to recognize geometrical shapes, to group things based on the geometrical shapes. This is because teachers have always used the images on the LKA in introducing the shape of the child. Video can be used in learning about the concept of shape, because on the previous activities of teachers have never used it. The purpose of this research is to know the effect of the use of video as a media to child’s ability in comprehending the concept of shape on group B children in Kindergarten Dharma Wanita Persatuan Tanjung.This research use a quantitative approach to the type of pre Experimental Design using the One - Group Pretest - Posttest Designs . The number of the sample in this research is 20 children. Analiysis of data collection using observation. Data analysis technique used in this research in non parametric statistical analysis with Wilcoxon Match Pairs Test by using tcount < ttable so Ha is accepted and H0 is rejected, actually this research is significant.Based on the result of the average before the treatment is 13,35 and average after the treatment using video is 23. Calculation result obtained with a test level of tcount=0 and ttable=52 and the result of decision is Ha is accepted as tcount < ttable (0<52) and H0 is rejected. Conclusion the study showed that there is a effect of the use of media to child’s ability in comprehending the concept of shape on group B children in Kindergarten Dharma Wanita Persatuan Tanjung.

Keywords: media, video, concept of shape

Published
2014-06-01
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 418