PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK MEKARSARI

  • Vindy Galuh Anggraeni
  • Endang Purbaningrum

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan bercakap-cakap. Banyak anak yang belum mampu mampu berbicara gambar yang ditunjuk oleh guru. Dari 20 anak terdapat 10 anak yang memiliki kemampuan berbicara yang masih kurang. Kemampuan anak dalam menyebutkan gambar apa yang mereka lihat dalam media poster masih belum optimal, hal tersebut dikarenakan kegiatan bercerita di TK Mekarsari belum pernah menggunakan media poster. Oleh karena itu peneliti menggunakan media poster untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada pengaruh metode bercerita dengn media poster terhadap kemampuan berbicara anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Designs. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan rumus uji jenjang Wilcoxon match pairs test dengan rumus Thitung>Ttabel, jika Thitung lebih besar dari Ttabel maka dalam penelitian ini disignifikansi ada pengaruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan berbicara anak kelompok B pada saat pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata anak dalam kemampuan anak dalam berbicara pada saat pretest 6,75 dan nilai rata-rata anak dalam kemampuan berbicara pada saat posttest 10,55. Selanjutnya dari hasil perhitungan rumus t-test untuk sampel kecil yang saling berhubungan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel (0<52). Hal ini menunjukkan Hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan media poster merupakan cara efektif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Mekarsari Kedurus Dukuh Surabaya.

Kata Kunci: metode bercerita, media poster, berbicara

Abstract

This research is motivated by the activities of a conversation. Many children who have not been able to able to talk the picture designated by the teacher. Of the 20 children there were 10 children who have speech that is still lacking. Children's ability to cite what they see in the media poster is still not optimal, it is because the events told in kindergarten Mekarsari have never used the media poster. The aim of this study is to prove whether there is influence of storytelling with less media poster child of the ability to speak.This study uses a quantitative approach, the type of experimentation with the design of the Pre-Experimental Design using the One-Group Pretest-Posttest Designs. Research data collection techniques used observation and documentation. Data analysis techniques used formula Wilcoxon matched pairs test level test with the formula thitung> ttable, this research disignifikansi no influence between the two variables.Based on the analysis of data on children's ability to speak in group B during the pretest and posttest mean values obtained pretest 6.75 and posttest mean value of 10.55. Furthermore, the results of the calculation formula of t-test for small samples that are interconnected in this study, suggests that thitung <ttable (0 <52). This suggests an alternative hypothesis (Ha) is acceptable, so hasl research shows that the method of storytelling with media poster is an effective way of significantly influence the ability of speaking kindergarten children in group B Mekarsari Kedurus Dukuh Surabaya.

Keywords: storytelling, object of poster, speech

Published
2014-06-01
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 76