MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN SOMDAH PADA USIA 4-5 TAHUN DI TK KUSUMA BANGSA PLABUHAN PLANDAAN

  • Asiamawati Tunggal Dewi
  • Dewi Komalasari

Abstract

Dari hasil observasi, diketahui di Kelompok A TK Kusuma Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang masih rendah dan mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Hal ini terlihat dari hasil proses pembelajaran mengenal lambang bilangan anak yang mampu mengenal lambang bilangan hanya 4 anak atau 20% dari 19 anak. Realitas ini disebabkan oleh pembelajaran berpusat pada lembar kegiatan anak (LKA).Salah satu upaya mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan kegiatan permainan somdah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan mengenal lambang bilangan menggunakan permainan somdah 2) mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan permainan somdah di Kelompok A TK Kusuma Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang Penelitian ini menggunakan tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk menggunakan siklus berulang, Di dalam setiap siklusnya yang disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK Kusuma Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang sebanyak 19 anak,yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data siklus I hasil kemampuan mengenal lambang bilangan nilai yang diperoleh sebesar 53%, hal ini menunjukkan yang diperoleh belum sesuai harapan karena target yang ditentukan 75%. Berdasarkan data pada siklus I maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil analisis siklus II kemampuan mengenal lambang bilangan diperoleh nilai sebesar 89% sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil dan telah melebihi target yang ditentukan. Berdasarkan analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan somdah dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak.  Kata kunci : pengenalan lambang bilangan 1-10, kegiatan permainan somdah  ABSTRACT  From the observation , known in kindergarten Kusuma Bangsa Group A Plabuhan Plandaan Jombang still low and have difficulty in recognizing numbers emblem . This is evident from the results of the learning process to know the symbol of the child is able to recognize numbers emblem numbers only 4 children or 20 % of the 19 children . Reality is caused by a sheet -centered learning child activity ( LKA ) . One way to overcome this problem by implementing activities somdah.The research games of this study are to : 1 ) determine whether there is an increase in numbers using the familiar emblem game somdah 2 ) describes the step - step activities somdah game in Group A kindergarten Kusuma Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang This study uses a class action that is designed in the form of using repeated cycles , in each cycle in which each cycle consists of four stages , namely planning , action, observation and refleksi.Subyek of this study is a group of kindergarten children Kusuma Nations Jombang as Plabuhan Plandaan 19 children , which consisted of 8 boys and 11 children perempuan.Teknik using a data collection sheet while the observation and documentation of data analysis techniques using descriptive statistics . From the results of the first cycle of data analysis results of the ability to know the symbol of the values obtained numbers by 53 % , this suggests that acquired not as expected because the specified target 75 % . Based on data from the first cycle of this research is continuing on the second cycle . The results of the analysis of the ability to know the symbol of the second cycle number obtained a value of 89 % so that action research is otherwise successful and has exceeded the target set. Based on the analysis of these data it can be concluded that the activity somdah games can improve cognitive ability in children emblem numbers .  Keywords : introduction of numbers 1-10 emblems , game activities somdah
Published
2014-06-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 22