PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA KELOMPOK B DI TK PERMATA BANGSA

  • Catur Dinarti
  • Endang Purbaningrum

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Permata Bangsa Sukolilo Surabaya dilatarbelakangi oleh masih rendahnaya kemampuan anak bidang kognitif dalam mengklasifikasikan benda. Hal ini disebabkan karena guru selalu menggunakan model pembelajaran klasikal untuk kegiatan mengklasifikasikan benda. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang masih belum banyak diterapkan dalam mengembangkan kemampuan kognitif terutama materi mengklasifikasikan benda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda kelompok B di TK Permata Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen One group pre test post test. Subyek penelitian berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon match pairs test) dengan rumus T hitung < T tabel. Jika T hitung < T tabel maka penelitian ini signifikan adanya dua variabel. Berdasarkan hasil perhitungan, data tentang kemampuan kognitif anak menunjukkan data pretest 118 dan posttest 209 maka ada perbedaan. Perhitungan uji jenjang bertanda Wilcoxon bahwa nilai T tabel adalah 134. Jika T hitung < T tabel (0 < 30) maka HO ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa T hitung < T tabel. Sehingga, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda kelompok B di TK Permata Bangsa.

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, kemampuan kognitif.

Abstract

The research of this B group children in this kindergarten is based on the application of cooperative learning with activities that import cognitive skills. There are not many activities on classifying objects and there are not really applied for young learning at Permata Bangsa Sukolilo kindergarten. The aim of this research is to find out the effect of cooperative learning on children’s cognitive skills in classifying objects in group B in Permata Bangsa kindergarten. This research uses quantitative approach with one group pre-test post-test kin of experiment and research design. The data collection is done A trough observation with observation sheet as the marking instrument. The data analysis uses non parametric statistic (Wilcoxon Matched Pair Test) by formula T hitung < T tabel. The result of the calculation shows that there is a difference between pre-test and post-test which initially 118 to 209. The calculation of wilcoxon shows that the score of T table are 134. If T-<Tα (0<30), so that means HO is unaccepted an Ha is accepted. We can draw a conclution that there is a significant effect of cooperative learning on children’s cognitive skills in classifying objects in B group children at Permata Bangsa kindergarten Sukolilo Surabaya.

The Key Word: cooperative learning model, cognitive skills.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 125