PENGARUH METODE BERCERITA BERMEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI RA PERWANIDA IX

  • Nurcella Tania Maharani
  • Endang Purbaningrum

Abstract

Penelitian pada kelompok B di Taman Kanak-kanak ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode bercerita bermedia kartu gambar dalam mengembangkan kemampuan mengenal keaksaraan. Kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan mengenalkan keaksaraan pada kelompok B di TK/ RA masih dilakukan dengan kegiatan membaca secara intensif, penggunaan metode dan media yang sesuai masih kurang diterapkan pada anak kelompok B RA Perwanida IX Kecamatan Glagah Lamongan. Media kartu gambar merupakan salah satu merupakan media yang menarik untuk anak oleh karena itu peneliti menggunakan media kartu gambar untuk mengenalkan keaksaraan pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita bermedia kartu gambar terhadap kemampuan mengenal keaksaraan anak kelompok B RA Perwanida IX Kecamatan Glagah Lamongan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design (non designs) dengan jenis one group pre test- post test.Subyek penelitian berjumlah 18 anak. Teknik Pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dengan lembar observasi, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik non-parametris dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) dengan rumusThitung <TTabel, jikaThitung < TTabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antara dua variabel.  Berdasarkan hasil analisis tentang kemampuan mengenal keaksaraan pada saat sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (post test) menggunakan metode bercerita bermedia kartu gambar diperoleh nilai rata- rata hasil kemampuan anak dalam mengenal keaksaraan menunjukkan perbedaan sebelum perlakuan 6,6 dan rata- rata sesudah perlakuan 10,7 dengan nilai rata-rata perkembangan 4,1. Hasil perhitungan uji jenjang bertanda Wilcoxon diperoleh nilai Ttabel +171 dari jumlah N=18 dan diketahui Thitung< Ttabel (0 < 40) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan adapengaruh metode bercerita bermedia kartu gambar terhadap kemampuan mengenal keaksaraan anak Kelompok B RA Perwanida IX Kecamatan Glagah Lamongan diterima.

Kata kunci: metode bercerita, media kartu gambar, mengenal keaksaraan.

Abstract   Research in Group B in kindergarten is on the back by the application of media storytelling picture cards in developing the ability to introduce literacy. Learning activities in developing the ability to introduce literacy in group B in kindergarten is still done with intensive reading activities, use appropriate methods and media are still less applicable to children in group B RA Perwanida IX District of Lamongan Glagah . Purpose of this study was to investigate the influence of media storytelling picture cards on the ability of the child to know literacy in Group B RA Perwanida IX District of GlagahLamongan Regensy.  This study uses a quantitative research approach to the type of pre-experimental design (non design) with the type of one-group pretest – post test. Study subyects were 18 children. Methods of date collection using the observation sheet observation, and date analysis techniques are used which use non- parametric statistical test level using Wilcoxon marked (Wilcoxon Match Pairs Test) by the formulaThitung < TTabel.  Based on the results of the calculation during the prosess of research shows the difference before and after treatment were initially 118 to 192. Calculation Wilcoxon test levels marked and known values obtained + 171 and note count T <T table (0 <40) then Ho is rejected and Ha accepted. So The results of the study concluded on influence of media storytelling picture card on children's to know literacy skills group B RA PErwanidaIX District of Glagah Regency Lamongan.

Keywords: storytelling, media card image, literacy to early childhood education.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 23