PENGARUH BERMAIN PERAN JUAL-BELI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI TK TULUS SEJATI

  • Winda Wirasti Aguswara
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Tulus Sejati yang masih berupa penugasan dan menggunakan media buku dan LKA pada pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari. Hal ini menyebabkan anak mengalami permasalahan dalam pemahaman konsep bilangan dan lambang bilangan. Oleh karena itu, pemahaman konsep bilangan anak harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan metode bermain peran jual-beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bermain peran jual-beli terhadap kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan anak kelompok A di TK Tulus Sejati.  Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy-Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini adalah 25 anak kelas A1 dan 25 anak kelas A2. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang lapangan yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Mann Whitney U-Test menggunakan metode komputerisasi SPSS 16 dengan derajat kemaknaan (p) < 0,05. Jika (p) < 0,05 maka hasil penelitian ini dinyatakan signifikan adanya pengaruh antara dua variabel.  Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan perbedaan rata-rata kemampuan anak sebelum dan sesudah perlakuan, untuk kelompok eksperimen semula berjumlah 8,16 (pretest) kemudian meningkat menjadi 11,11 (posttest). Selisih 2,95 poin antara rerata pre test dan post test menunjukkan secara kuantitatif bahwa kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan berupa uji statistik dengan Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai signifikansi (p) = 0,001 berarti p<0,05 maka hasil penelitian dinyatakan signifikan, artinya ada pengaruh bermain peran jual-beli terhadap kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan.

Kata Kunci: Kemampuan mengenal bilangan dan lambang bilangan, bermain peran jual-beli

Abstract

This research based on the learning process to develop the numeracy and sense skill of A group at Tulus Sejati Kindergarten which still using assignment and worksheet as the media that held everyday. This causes the problem to understanding the concept of numeracy. One is the method buying and selling role play . This study aims at finding out if the effect of buying and selling role play on the ability to understanding the concept of numeracy on A group of Tulus Sejati Kindergarten. This study using Quasy - Experimental research design type Nonequivalent Control Group Design. The subjects in this study were 25 children of A1 class and 25 children of A2 class. The data collection that using were observation techniques and documentation. The data obtained and analyzed by using Mann Whitney U - test with the computerized method by SPSS 16 and take significance level ( p ) < 0.05 .  Based on the results of study found the differences in average-ability before and after the treatment, the experiment group was amount to 8.16 at pretest become increased to 11.11 at posttest. Mean difference 2.95 point between the pretest and posttest shows quantitatively that the numeracy skill increased after treatment in statistical test by using Mann Whittney U-test, it showed a significance value (p)=0.001 it means p<0.05 then Ha is accepted which means that there are effect of buying and selling pretend play to understanding the numeracy and symbol.

Keywords: Numeracy skill, buying and selling pretend play

Published
2014-06-01
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 671