PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF SEDERHANA MELALUI BERMAIN INJAK KARTU HURUF BERGAMBAR PADA KELOMPOK USIA 3-4 TAHUN PAUD PLUS AL-FATTAH

  • Muzdalifah Muzdalifah
  • Dewi Komalasari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan kemampuan mengenal huruf sederhana melalui bermain injak kartu huruf bergambar anak kelompok 3-4 tahun PAUD Plus Al-Fattah  yang masih rendah. Hal ini terlihat sebagian besar anak belum berkembang dalam bermain dengan teman dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Realitas ini disebabkan karena anak hanya bermain menggunakan APE yang ada dan bermain secara individu. Pengamatan peneliti dalam kegiatan peningkatan kemampuan mengenal huruf sederhana di PAUD Plus Al-Fattah dari 16 anak, hanya sekitar 50% (6 anak) yang mencapai kemampuan mengenal huruf sederhana dengan baik sedangkan harapan yang ingin dicapai adalah 75%. Dengan demikian maka perlu dilakukan tindakan dengan penerapan permainan injak kartu huruf bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah aktifitas anak dan peningkatan hasil kemampuan mengenal huruf sederhana melalui penerapan permainan injak kartu pada kelompok 3-4 tahun PAUD Plus Al-Fattah Jombang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Didalam satu siklus terdiri dari 4 tahap yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini  adalah kelompok usia 3-4 tahun PAUD Plus Al-Fattah yang berjumlah 16 anak yang terdiri 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan mengenal huruf sederhana anak pada siklus I diperoleh data hasil aktivitas anak 69%, hasil observasi kemampuan mengenal huruf anak 50%. Hal ini menunjukkan penelitian belum berhasil karena belum mencapai kriteria tindakan yang diharapkan yaitu >75%, sehingga penelitian ini dilanjut pada siklus kedua. Pada siklus kedua didapatkan data hasil observasi aktivitas anak 75%, hasil observasi kemampuan mengenal huruf sederhana 87%. Berdasarkan hasil dari analisis data siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan injak kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak.

Kata Kunci: Mengenal Huruf, Bermain Injak Kartu Huruf  Bergambar.

Abstract

This study was motivated by an increase in the ability to know the simple letters through playing cards stomp letters illustrated children 3-4 years of early childhood group Al - Fattah Plus is still low . It is seen largely undeveloped child in playing with friends and work together to complete the task . The reality is because children just play using existing APE and play individually . Observations in activities to increase the ability of researchers to know the simple letters in early childhood Plus Al - Fattah of 16 children , only about 50 % ( 6 children ) who achieved the ability to know the simple huruf well while expectations achieved is 75 % . Thus it is necessary to act with the implementation of pictorial letter card game stampede . The purpose of this study is the result of an increased activity of the child and the simple ability to recognize letters through the implementation of the card game stomp on early childhood 3-4 years group Al - Fattah Plus Jombang .

This study used classroom action research . Action research which is designed in the form of repeated cycles consisting of four components, namely a plan , action , observation , and reflection . The subjects of this study were the age group of 3-4 years of early childhood Plus Al - Fattah , amounting to 16 children , which comprises 7 boys and 9 children perempuan.Teknik data collection using observation and documentation , while data analysis using descriptive

From the analysis of the first cycle of data obtained on the observation of the activities of children is 69%, the observation of the child’s listening skills is 50%. This suggests that the study has not yet managet to achieve over 75% succes indicators, so it mus be done the second cycle. In the second cycle the data obtained on the observation activities of children is 75%, the observation of the child’s listening skills is 87%. Based on the analysis of data from the second cycle, this study successfully and concluded that the use of multimedia can be increase the children’s listening skills.

Keywords : Know Your Letters , Letter Cards Playing Hit Illustrasi

Published
2014-06-01
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 679