MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN USIA 5 TAHUN DI SANGGAR ALANG-ALANG

  • Javiera Septianandari Aisha
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi anak jalanan dalam mengikuti proses pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini. Banyak anak jalanan yang tidak memperhatikan pendidikan. Dari anak jalanan yang berusia 5 tahun, yang ditemui di daerah Bypass Krian, terminal Purabaya, dan terminal Joyoboyo yang memiliki motivasi untuk memperoleh pendidikan hanya muncul pada anak jalanan disekitar terminal Joyoboyo. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang motivasi anak jalanan usia 5 tahun dalam mengikuti pembelajaran di Sanggar Alang-alang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian anak jalanan usia 5 tahun di Sanggar Alang-alang Joyoboyo Surabaya yang berjumlah 6 anakTeknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam menganalisis data, yaitu data reduction (reduksi data), kemudian data display (mendisplay data), dan conclusion drawing / verification. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses pembelajaran terlihat bahwa ada motivasi dalam mengikuti pembelajaran di lembaga PAUD pada 3 anak jalanan usia 5 tahun dari 6 anak jalanan dengan dukungan dari lingkungan sekitar dan dorongan diri anak. Anak jalanan di daerah terminal Joyoboyo muncul motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran di Sanggar Alang-alang. Jadi dari 6 anak jalanan usia 5 tahun di Sanggar Alang-alang hanya 3 anak jalanan yang muncul motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci: Motivasi, Anak Jalanan Usia 5Tahun

Abstract

This research is based on motivation of urban street children in learning activity. Many of urban street children are not awaer about education. Urban street children which live Krian bypass, Purabaya terminal, and Joyoboyo terminal, just the children in Joyoboyo terminal thet have appeared motivation in learning activity. This research is aimed to describe how motivation of urban street children five years-old in learning activity at small house Alang-alang. This research uses descriptive qualitative research approach. Data collection technique used observstion, interview, documentation, questionnaire, and the research subject of the urban street children was 6 children. Data analysis technique used Miles and Huberman model that has three steps of data analese, thet is data reduction, data display and conclusion drawing/verification. From the research and data analyse during of learning progress is seen that appeared learning motivation in a few 3 urban street children five years-old with support approximately environment.

Keyword : Motivation, Urban street children five years-old.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 83