PENGARUH PERMAINAN BENTUK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK NUSA INDAH II

  • Siti Ma’rifah
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk pada anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan. Kurangnya kemampuan mengenal bentuk dikarenakan pembelajaran tentang bentuk geometri jarang dilakukan karena anak lebih sering mengerjakan LKA. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan bentuk geometri kepada anak yaitu dengan melakukan permainan bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bentuk geometri terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design yang kemudian menggunakan nonequivalen control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan yang berjumlah 32 anak dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik non parametrik tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test dan uji beda Mann-Whitney U-Test. Pada tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test dikatakan signifikan apabila Thitung < Ttabel dan pada uji beda Mann-Whitney U-Test dikatakan signifikan apabila Uhitung < Utabel.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh berupa skor pretest dan postest dengan rumus uji jenjang bertanda wilcoxon pairs test berupa hasil Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%= 30. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis alternatif  (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) dtolak. Sementara itu, berdasarkan tabel penolong U-test dengan tingkat signifikasi 0,05 dengan jumlah n1=16 dan n2= 16 diperoleh harga Uhitung 12 dan Utabel 66. Maka harga Uhitung lebih kecil daripada Utabel (12 < 66). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan bentuk geometri terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Nusa Indah II Jatirejo Tikung Lamongan.

 

Kata kunci : permainan bentuk geometri, kognitif

Abstract

Research to the first grade students of kindergarten school is based on their low cognitive ability in recognizing shapes in Nusa Indah II Kindergarten School Jatirejo Tikung Lamongan. Although they have studied at play group before entering kindergarten school, but their abilities are still low. The purpose of this research is to identify the influence of geometrical shape game to the cognitive ability of the first grade students of Nusa Indah II Kindergarten School Jatirejo Tikung Lamongan.

This research used quantitative approach with queasy experimental type and non-equivalent control group design. Population were the first grade students of Nusa Indah II Kindergarten School Jatirejo Tikung Lamongan. Samples consisted of population number of 32 children divided into two groups namely experiment group and control group taken randomly that were based on children’s sex. Data analysis used non-parametric statistic with Wilcoxon Match Pairs Test and Mann-Whitney U-Test.

Based on data analysis result between experiment group and control group in recognizing shapes by implementing Wilcoxon Match Pairs Test showed sample of 16 children in every group with significance level 0,05; therefore ttable = 30. From ttable = 30 it can be indicated that tcount < ttable. H0 was refused and Ha was accepted if tcount < ttable (0 < 30). While based on Mann-Whitney U-Test with significance level 0,05 with n1 = 16 and n2 = 16 showed value of Utable = 66. Therefore value of Hcount was lower than Utable (12 < 66). It can be concluded that H0 was refused and Ha was accepted.

Keywords : geometrical shape game, cognitive.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 34